Breaking News:

Honor Penyapu Jalan dan Pengangkut Sampah di Subang Cuma Rp 39 Ribu, Sukwan Berharap Jadi PNS

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Subang, Rona Mairansyah, menuturkan, honor tersebut berbeda setiap harinya.

Net
Ilustrasi Penyapu Jalan 

Laporan Kontributor TribunJabar.id, Irvan Maulana

TRIBUNJABAR.ID, SUBANG - Honor Sukarelawan (Sukwan) pengangkut sampah di Subang hanya dibayar Rp 39 ribu perhari, hal itu tidak sebanding dengan beban pekerjaan yang dilakukannya, setiap hari mereka bergelut dengan bau tak sedap serta polusi jalanan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Subang, Rona Mairansyah, menuturkan, honor tersebut berbeda setiap harinya.

"Honor kerja harian itu upahnya Rp 39 ribu per orang, tapi itu di hari kerja, sedangkan untuk hari libur atau weekend itu dibayar Rp 65 ribu," papar Rona ketika dikonfirmasi awak media di Kantor DLH, Jalan KS Tubun Kabupaten Subang, Jumat (19/2/2021).

Berbeda dengan pengangkut sampah, untuk upah kerja para penyapu di jalan nilainya justru lebih kecil, hanya Rp 37 ribu perhari di hari kerja dan Rp 55 ribu di hari libur.

"Ada lagi nominal lain, misal di hari libur keagamaan, honor mereka nilainya Rp 105 ribu perhari," imbuhnya.

Kendati demikian, Rona mengaku bangga kepada para sukwan tersebut, mereka tetap bekerja dengan loyal meski dibayar dengan upah yang cukup murah.

Rona juga menjelaskan pihaknya telah berkali-kali mengajukan honor untuk menaikan upah para sukwan tersebut.

"Kami juga berharap dengan pengajuan penambahan anggran untuk menaikan upah bagi mereka agar segera direalisasikan." pungkasnya.

Secara terpisah salah satu sukwan penyapu jalan juga mengatakan, ia mengaku tak ada pilihan lain selain menjalani pekerjaan tersebut.

"Semua pekerja harian pengangkut sampah saya kira juga bilang murah, kalau ada pekerjaan lain mah mungkin pasti pindah, karena tidak ada pekerjaan jadi terpaksa dikeureuyeuh," ujar salah satu penyapu jalan yang enggan disebutkan namanya ketika dikonfirmasi Tribun di Lampu merah Sinta Jalan Otto Iskandar Dinatta Kabupaten Subang, Jumat (19/2/2021).

Dirinya juga berharap besar akan kata-kata dari pihak Dinas yang menyebutkan bahwa ia dan kawan-kawannya memiliki kesempatan menjadi Pegawai Negeri Sipil di intansi tersebut.

"Sugan weh, da katanya mah mau diangkat jadi PNS," tutupnya.

Penulis: Irvan Maulana
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved