Breaking News:

Angka Kematian Ibu Di Daerah Ini Meningkat, Ternyata Ini Penyebabnya

Angka kematian ibu hamil di Purwakarta mengalami peningkatan namun angka kematian bayi mengalami penurunan

babycentre.co.uk
Ilustrasi: ibu hamil 

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Sepanjang 2020 angka kematian ibu (AKI) di Purwakarta mengalami peningkatan dari 2019 yang hanya ada 24 kasus AKI.

Sementara di 2020 menjadi 33 kasus AKI.

Baca juga: Sedang Bokek, Barcelona Bersedia Berikan Francisco Trincao ke AC Milan demi Pemain Ini

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika pun memimpin rapat bersama Dinas Kesehatan dan Bappelitbangda Purwakarta untuk evaluasi AKI dan bayi, Rabu (17/2/2021).

Anne Ratna mengatakan kasus kematian pada bayi atau AKB di Purwakarta justru alami penurunan, seperti pada 2019 ada 77 kasus kematian, dan 2020 hanya ada 72 kasus.

ilustrasi ibu hamil
ilustrasi ibu hamil (shutterstock)

Baca juga: VIDEO-Sosok Kapolsek Astana Anyar Bandung Kompol Yuni yang Positif Sabu, Dulu Berantas Narkoba

"Ada beberapa faktor kasus kematian ibu dan bayi ini, seperti keterbatasan tenaga kesehatan pada sarana pelayanan dasar, fasilitas kesehatan, pengetahuan masyarakat, hingga dukungan dari berbagai sektor dalam menangani kasus kematian ibu dan bayi," ujarnya di Pendopo.

Adapun upaya pemda Purwakarta dalam menekan AKI dan AKB ialah dengan mengeluarkan Keputusan Bupati nomor 054.05/Kep.637.Bappelitbangda/2020 tentang Penetapan Percepatan AKI dan AKB terintegrasi di Purwakarta, serta mengeluarkan Keputusan Bupati nomor 054.05/Kep.642 tentang Pembentukan Tim Penurunan AKI dan AKB terintegrasi di Purwakarta.

ILustrasi bayi
ILustrasi bayi (NET)

Baca juga: Sisi Lain Sosok Kapolsek Astana Anyar Kompol Yuni Purwanti Diungkap, Punya Sebutan Khusus dari Warga

"Kami juga upayakan membangun Saung Ambu sebagai pelayanan dasar kesehatan masyarakat yang berada di desa-desa yang jaraknya jauh dari puskesmas setempat, dan membangun gedung PONED atau pelayanan Obstrectic Neonatal Emergensi Dasar di beberapa puskesmas," ujarnya.

Dia berharap semua pihak dapat bersinergi dengan baik dalam menangani kasus kematian ibu dan bayi di Purwakarta, sehingga ke depannya AKI dan AKB bisa berkurang. 

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved