Breaking News:

VIDEO Warga Temukan Fosil Hewan Purba di Lahan Proyek di Ciracap Sukabumi

Warga Kampung Ciguha, Desa/Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dihebohkan dengan penemuan fosil hewan purba di lokasi proyek waterboom.

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Warga Kampung Ciguha, Desa/Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dihebohkan dengan penemuan fosil hewan purba di lokasi proyek waterboom.

Penemuan fosil hewan purba itu pertama kali ditemukan oleh pekerja proyek, Uten (38) beberapa waktu lalu.

Uten mengatakan, dirinya mengetahui ada fosil hewan purba saat mengemudikan beko untuk pengerjaan cut and piil proyek waterboom.

"Ceritanya saya lagi kerja, tiba-tiba menemukan batu yang aneh, saya lihat diduga batu hewan purba. Pas dilihat sama-sama orang-orang banyak itu batu hewan purba," ujarnya.

"Kalau menurut perkiraan kemaren peneliti katanya mungkin bisa belasan meter, tapi belum bisa dibuktikan. Yang baru ada itu yang patah-patah itu yang kekeruk sama beko. Saya amankan perlihatkan sama orang banyak, terus diteliti sama orang museum," jelasnya.

Pihak Museum Geologi Bandung pun langsung mendatangi lokasi penemuan fosil hewan purba di proyek pembangunan waterboom.

Peneliti Museum Geologi Bandung, Oman Abdurahman mengatakan, awalnya pihaknya mendapatkan laporan bahwa ditemukan fosil hewan purba di lokasi proyek.

"Jadi awalnya kami itu mendapat tugas kesini mendapat tugas untuk meneliti fosil ikan hiu di gunung Sungging. Tapi kira-kira pas sehari sebelum datang kesana ada informasi warga disini ada temuan tulang," jelasnya.

Saat dilakukan pengecekan, diduga fosil itu adalah fosil mamalia ikan paus.

"Sepintas saya lihat seperti fosil ikan paus, paus itu bukan ikan ya, paus itu mamalia, mamalia laut. Kami diperkenalkan sama pak Hendra melalui telepon, kami teleponan dan betul ini temuan oleh pekerja dari pak haji Ade yang sedang menggali untuk pembuatan waterboom disini, hari Minggu yang lalu tanggal 7, dan ternyata memang kami periksa itu fosil ya, sebagian sudah berubah menjadi batu, artinya tulang aslinya sudah gak ada lagi, bentuknya saja masih jelas," terangnya.

Pihaknya memperkirakan, batu fosil ikan paus itu adalah bagian tulang rahang. Namun, pihaknya akan melakukan penelitian lebih lanjut di Laboratorium.

"Diperkirakan karena tidak ada ruas-ruas, kami kan sudah dibekali pengetahuan juga dari leteratur segala macam. Kalau tulang belakang itu ada ruas-ruas, kalau ini gak ada ruas-ruas, jadi semacam utuh gitu, cuma mungkin oleh terpotong oleh beko atau oleh alam, itu diperkirakan tulang rahang dari ikan paus, untuk sementara dugaan paus purba," jelasnya.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul VIDEO Warga Temukan Fosil Hewan Purba di Lahan Proyek di Ciracap Sukabumi, https://jabar.tribunnews.com/2021/02/16/video-warga-temukan-fosil-hewan-purba-di-lahan-proyek-di-ciracap-sukabumi.
Penulis: M RIZAL JALALUDIN
Video Editor: Wahyudi Utomo

"Tapi untuk jelasnya nanti harus diteliti lebih lanjut di laboratorium, apa betul tulang rahang, terus pausnya jenis apa. Dugaan paus ini tidak ngarang, dalam arti ini karena memang daerah Ciracap ini sering dijumpai paus purba, tahun 2005 terbit satu tulisan ilmiah di Cikondang," ucapnya.

Ia juga mengatakan, sudah beberapa kali ditemukan fosil serupa di wilayah Kecamatan Ciracap.

"Kemudian tahun 2007 pimpinan kami juga, pimpinan museum geologi ke daerah sini juga Ciracap menemukan fosil paus juga. Kalau itu fosil paus purba juga beralasan karena itu memang beralasan," pungkasnya.

Penulis: M Rizal Jalaludin
Video Editor: Wahyudi Utomo

Penulis: M RIZAL JALALUDIN
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved