Breaking News:

Kang Uu: Warga Kabupaten Bandung Paling Disiplin Jaga Jarak dan Pakai Masker

"Ada delapan daerah dengan tingkat kepatuhan (memakai masker) di atas 91 persen."

Tribun Jabar/ Muhamad Syarif Abdussalam
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum dan Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri seusai mendapat vaksin Covid-19 dosis kedua di RSUP Hasan Sadikin Bandung, Kamis (28/1). Kang Uu mengatakan, dalam hal tingkat kepatuhan dalam menjaga jarak dan menghindari kerumunan selama periode 8-14 Februari 2021, terdapat lima daerah dengan persentase di atas 91 persen, yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Subang, Kabupaten Sumedang, Kota Depok, dan Kota Tasikmalaya. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menjelaskan tingkat kepatuhan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 di Jabar per 26 Januari hingga 14 Februari 2021, termasuk periode pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro mulai 9 Februari 2021.

Per 14 Februari 2021, tren kepatuhan prokes memakai masker di Jabar sebesar 83,18 persen. Tren kepatuhan prokes jaga jarak di Jabar adalah 81,38 persen. Hal itu dilansir Bersatu Lawan Covid-19, selama PPKM mikro di Jabar, terdapat 2.271.003 orang yang dipantau oleh TNI, Polri, dan Satpol PP di 429.998 titik pemantauan.

"Periode 8 Februari sampai dengan 14 Februari 2021 menunjukkan peningkatan tingkat kepatuhan dalam menggunakan masker. Ada delapan daerah dengan tingkat kepatuhan (memakai masker) di atas 91 persen," ucap Kang Uu melalui ponsel, Selasa (16/2).

Baca juga: VIDEO Irigasi Jebol, Ratusan Hektare Sawah di Citarik Sukabumi Terancam Kekeringan

Baca juga: BPBD Jabar: Banjir dan Longsor Berpotensi Terjadi di Daerah-daerah Ini Dua Hari ke Depan

Delapan daerah yang dimaksud adalah Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Subang, Kabupaten Sumedang, Kota Bandung, Kota Bogor, Kota Depok, dan Kota Tasikmalaya.

Dalam hal tingkat kepatuhan dalam menjaga jarak dan menghindari kerumunan selama periode 8-14 Februari 2021, terdapat lima daerah dengan persentase di atas 91 persen.

"Lima daerah itu Kabupaten Bandung, Kabupaten Subang, Kabupaten Sumedang, Kota Depok, dan Kota Tasikmalaya," kata Kang Uu.

Data tersebut tentulah bukan asal klaim. Data ini muncul dari survei yang diinput dalam Bersatu Lawan Covid-19 (BLC).

BLC merupakan sistem informasi terintegrasi untuk peningkatan percepatan pencatatan data dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia.

Berdasarkan data BCL per 15 Januari 2021, secara kumulatif, pemantauan dilakukan di 3.318.224 titik yang tersebar di seluruh wilayah Jabar. Jumlah yang dipantau mencapai 13.051.802 orang. (*)

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Hermawan Aksan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved