Breaking News:

Petani Milenial Khawatir Generasi Petani di Cianjur Menghilang, Ini Alasannya 

Petani milenial Cianjur, Setya Gustina Riwayat khawatir generasi petani di Cianjur menghilang.

tribunjabar/ferri amiril mukminin
Petani Milenial Khawatir Generasi Petani di Cianjur Menghilang, Ini Alasannya  

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Petani milenial Cianjur, Setya Gustina Riwayat khawatir generasi petani di Cianjur menghilang.

Kekhawatiran muncul karena luas lahan pertanian berkurang dan minat pemuda menjadi bertani setelah menyelesaikan pendidikan hanya segelintir saja.

Ia mengajak kaum milenial untuk bergabung di wadah yang ia miliki yakni rumah petani. Menurutnya, kaum Milenial banyak yang ragu untuk mulai bertani dengan alasan permodalan awal dan keahlian untuk bertani.

"Jangan takut menjadi petani, setelah bergabung biasanya kami sediakan bibit dan pupuknya, lahan juga bisa dicari karena Cianjur masih luas lahan tidurnya," ujar Setya saat memanen jagung hibrida secara simbolis di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian Cianjur, Jalan Raya Mande Vedca, Senin (15/2/2021).

Baca juga: Ridwan Kamil Minta Kewenangan Vaksinasi di Jabar Diserahkan ke Provinsi

Setya mengatakan, rumah petani juga membantu permasalahan pasar dan distribusi hasil pertanian. Termasuk jagung hibrida untuk pakan ternak yang sudah bekerjasama dengan beberapa perusahaan peternakan sapi.

"Adanya pasar merupakan solusi yang baik untuk petani, kami mempunyai visi penanaman jagung ini untuk mewujudkan swasembada jagung," kata Setya.

Setya mengatakan, yang ia tanam merupakan jagung hibrida, jagung ini satu pohon menghasilkan tiga tongkol dan ketinggian tiga meter.

"Dari segi keuntungan bisa sangat untung, dalam 70 hari bisa panen, ada biaya operasional namun bisa untung tetap 100 persen," katanya.

Ia mengatakan, rumah tani sudah menanam jagung hibrida di lahan seluas 12,4 hektare di berbagai tempat di Cianjur.

Halaman
12
Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved