Breaking News:

Meski Belajar Online, Siswa di Purwakarta Tetap Harus Pakai Seragam Sekolah, Ini Alasannya

Kadisdik menyebut aturan itu diberlakukan karena ada stigma pelajar ketika tak memakai seragam sekolah saat belajar online seperti tidak sekolah.

Tribun Jabar/ Muhamad Nandri Prilatama
Pembelajaran selama masa pandemi secara online atau luring para pelajar atau siswa SD dan SMP di Purwakarta diwajibkan memakai seragam sekolah 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Pembelajaran selama masa pandemi secara online atau luring para pelajar atau siswa SD dan SMP di Purwakarta diwajibkan memakai seragam sekolah untuk mengantisipasi pelajar keluyuran di luar jam sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta, Purwanto, menjelaskan, aturan ini sudah diberlakukan sejak semester genap lalu.

Dia menyebut aturan itu diberlakukan karena ada stigma pelajar ketika tak memakai seragam sekolah saat belajar online seperti tidak sekolah.

"Kata guru-guru yang ke lapangan, biar serasa di sekolah meski belajar di rumah lebih baik pakai seragam. Ditambah juga biar gak main sewaktu jam belajar," ujarnya kepada Tribun Jabar saat dihubungi, Senin (15/2/2021).

Purwanto mengaku aturan ini sudah disosialisasikan ke sekolah-sekolah. Ketika disinggung untuk memastikan tak ada pelajar yang keluyuran di jam belajar, Purwanto mengatakan pihaknya membentuk tim gerakan disiplin siswa (GDS) dan para pengawas.

Baca juga: Sempat Turun hingga Sentuh Angka Rp 800 per Kg, Harga Jual Tomat di KBB Mulai Kembali Naik

"Kami akan tahu pas jam belajar kalau ada yang keluyuran di luar bisa kami tanyakan mereka belajar atau tidak. Setiap hari tim ini akan berkeliling pada jam belajar. Kalau ketahuan keluyuran tentunya akan langsung ditindaklanjuti," ujarnya.

Tak hanya itu, tim GDS kata Purwanto perannya sangat besar terutama untuk memastikan setiap guru bisa melayani anak-anak. Selain itu juga untuk memastikan menggunakan kurikulum darurat seperti yang diamanatkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca juga: VIDEO-INNALILLAHI, Ustaz Jalaluddin Rakhmat Anggota DPR dari PDIP Meninggal Dunia di Bandung

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved