Breaking News:

Tak hanya Akibat Curah Hujan Tinggi, Banjir Pantura Dipicu Penambangan Liar di Cimalaka Sumedang

banjir Pantura juga ternyata disebabkan penyebab lainnya, yakni menambangan liar yang membuat alih fungsi lahan dari lahan hijau

Tribun Jabar/ Irvan Maulana
belasan ribu unit rumah terendam banjir dan puluhan ribu jiwa mengungsi akibat banjir di Kabupaten Subang 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan selain karena curah hujan tinggi, kerusakan lingkungan akibat penambangan ilegal menjadi faktor penyebab bencana di Jawa Barat.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Jabar intens melakukan sidak dan menutup penambangan-penambangan ilegal.

"Informasi yang kami terima, kenapa ada air banyak ke Subang, adalah akibat saluran air jebol, penyebabnya di samping curah hujan yang sangat tinggi, juga karena air yang datang ke Subang berasal dari Kabupaten Majalengka, Sumedang, dan Garut," tutur Uu melalui ponsel, Minggu (14/2/2021).

Namun kemudian, katanya, selain faktor-faktor tersebut, banjir juga ternyata disebabkan penyebab lainnya, yakni menambangan liar yang membuat alih fungsi lahan dari lahan hijau menjadi lahan yang tidak mampu menyerap air, di kawasan hulu.

"Setelah kami meneliti, ternyata di aliran sungai dan hulu sungai, di wilayah Sumedang, ditemukan adanya penambangan liar di wilayah Cimalaka," katanya.

Kang Uu mengatakan, Provinsi Jabar merupakan daerah rawan bencana. Semua jenis kebencanaan, mulai dari banjir, longsor, gempa bumi, sampai tsunami, berpotensi terjadi di Jabar.

"Provinsi Jabar risiko tinggi bencana, setiap tahun selalu ada bencana, baik bencana alam dan non-alam," kata Kang Uu.

Baca juga: Pesta Miras Terang-terangan di Pinggir Jalan Kota Tasik, Tiga Remaja Diamankan Tim Maung Galunggung

Dalam menangani bencana, menurut Kang Uu, Pemerintah Provinsi Jabar selalu berkoordinasi dan berkolaborasi dengan banyak pihak. Salah satunya pemerintah kabupaten/kota.

"Dengan sigap, Gubernur Jabar memberikan instruksi dan tindakan yang diperlukan dalam setiap penanganan bencana," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved