Breaking News:

Gempa Guncang Toli-Toli Sulawesi Tengah, Magnitudo 5,5 Berpusat di Laut

Wilayah Toli Toli diguncang gempa tektonik dari hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo  M=5,2.

Penulis: Siti Fatimah | Editor: Siti Fatimah
istimewa
ilustrasi gempa- Wilayah Toli Toli diguncang gempa tektonik dari hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo  M=5,2. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pada hari Minggu, 14 Februari 2021 pukul  16.44.47 WIB wilayah Toli Toli diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo  M=5,2.

Dikutip dari keterangan resmi BMKG, episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,09 LU dan 120,01 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 86 km arah Barat Laut Toli Toli, Sulawesi Tengah pada kedalaman 25 km.

Baca juga: GEMPA DAHSYAT 7,3 Magnitudo di Fukushima Jepang, Kemenlu: Tidak Ada WNI Jadi Korban

Jenis dan Mekanisme Gempabumi:

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas tektonik zona subduksi Sulawesi Utara.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik  (Thrust Fault). 

Baca juga: VIDEO-Dua Rumah Tertimbun dan Puluhan Lainnya Terancam Longsor di Cilawu Garut

Dampak Gempabumi:

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Tolitoli dan Buol III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.
Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.

Gempabumi Susulan:

Hingga hari Minggu, 14 Februari 2021 pukul 17.00 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ).

Baca juga: Ini Penyebab Mobil Tersesat di Majalengka, Masuk ke Kawasan Hutan Gunung Putri Sejauh 5 Km

Rekomendasi:

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Baca juga: Tadi Pagi Presiden Jokowi Kunjungi Kampung Halaman SBY, Resmikan Bendungan Tukul

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved