Breaking News:

Ubah Wajah Sektor Pertanian Jabar Lewat Petani Milenial Juara, Tarik Minat Generasi Milenial

Pemerintah Provinsi Jawa Barat berupaya mengubah wajah sektor pertanian dengan menggagas Petani Milenial Juara.

Sonora.id/ Gun
Kepala Biro Perekonomian Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar (tengah) 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat berupaya mengubah wajah sektor pertanian dengan menggagas Petani Milenial Juara. Program tersebut diharapkan menarik minat generasi milenial untuk membawa perubahan pada sektor pertanian masa depan.

Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Jabar, Benny Bachtiar, menyatakan sektor pertanian saat ini belum menjadi magnet pekerjaan bagi generasi milenial di Jabar.

"Hal tersebut berdampak pada rendahnya produktivitas pangan di Jabar. Hampir 75 persen petani di Jabar sudah berusia 45 tahun," ucap Benny di Kota Bandung, Jumat (12/2/2021).

Berdasarkan hasil survei pertanian antar sensus (sutas) 2018 yang dilakukan Badan Pusat Statistik, jumlah petani di Jabar mencapai 3.250.825 orang.

Dari jumlah tersebut, petani yang berusia 25-44 tahun hanya 945.574 orang atau 29 persen. Kondisi tersebut tentu memberikan efek domino bagi sektor pertanian di Jabar.

Benny mengatakan, selain untuk menarik minat generasi milenial, Petani Milenial Juara bertujuan menumbuh kembangkan kewirausahaan muda pertanian di Jabar.

"Kami ingin menciptakan pertanian maju, mandiri, dan modern. Kemudian, program tersebut diharapkan dapat mengurangi masalah pengangguran sekaligus mengubah wajah pertanian menjadi pertanian modern dan berbasis teknologi," ucapnya.

Tengah Malam, Warung Ayam Bakar di Indramayu Terbakar Hebat, Hangus Dilalap Si Jago Merah

Sejumlah bantuan pun akan diberikan Pemda Provinsi Jabar dalam program Petani Milenial Juara. Pertama adalah peminjaman lahan garapan seluas 2.000 meter persegi selama kurun waktu dua tahun.

Bantuan permodalan lewat skema Kredit Usaha Rakyat (KUR) pun akan diberikan. Termasuk pendampingan penanaman dari para penyuluh pertanian di lapangan.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved