Breaking News:

Penanganan Virus Corona

Perkembangan Covid Pekan Ini, Peningkatan Kesembuhan Pasien di Jabar Terbanyak Kedua di Indonesia

Prof Wiku Adisasmito menyampaikan perkembangan mingguan penanganan Covid-19 menuju ke arah yang lebih baik.

The Scotsman
Iliustrasi, Daftar Negara yang Sudah Terpapar Varian Baru Virus Corona, Lebih Cepat Menular 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Perkembangan terkini pada kasus positif Covid-19 per 9 Februari 2021 di Indonesia terjadi penambahan pasien terkonfirmasi positif sebanyak 8.700 kasus dengan jumlah kasus aktif 169.351 kasus atau persentasenya 14,4 persen dibandingkan rata-rata dunia 24,13 persen.

Jumlah kesembuhan sebanyak 973.452 kasus atau 82,9 persen dibandingkan rata-rata dunia 73,69 persen. Pada kasus meninggal sebanyak 31.976 kasus atau 2,7 persen dibandingkan rata-rata dunia 2,18 persen. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyampaikan perkembangan mingguan penanganan Covid-19 menuju ke arah yang lebih baik.

Pelatih Legendaris Ini Tercengang Melihat Latihan AC Milan: Mereka Tampil Sangat Bagus

Dalam mencegah laju penularan sangat ditentukan upaya langsung dan tidak langsung. Upaya langsung yaitu protokol kesehatan 3M seperti memakai masker menjaga jarak dan mencuci tangan yang dilakukan masyarakat.

"Upaya langsung dengan 3M akan memiliki dampak lebih cepat memperlambat laju penularan karena upaya tersebut bentuk pencegahan agar seseorang tidak tertular," katanya dalam keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (9/2) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Lalu upaya tidak langsung ialah 3T seperti testing (pemeriksaan), tracing (pelacakan) dan treatment (perawatan) yang dilakukan pemerintah. Upaya tidak langsung 3T ini, membutuhkan waktu lebih lama melihat dampaknya dalam memperlambat laju penularan. Karena upaya 3T merupakan  bentuk penanganan setelah seseorang tertular.

Di samping itu, dalam melihat perkembangan penanganan mingguan, ia menjelaskan, bahwa kenaikan atau penurunan kasus baru mingguan, merupakan selisih kasus baru minggu ini dibandingkan minggu lalu. 

Bocah 7 Tahun Ditemukan Tewas dalam Karung, Diduga Korban Pembunuhan, Ternyata Anak Kades

"Penting untuk melihat dari sudut pandang tren kenaikan kasus atau penurunan kasus baru mingguan. Karena, hal ini dapat menunjukkan apakah kasus penularan di tengah masyarakat menunjukkan perlambatan atau tidak," katanya.

Wiku lanjut memaparkan perkembangan kasus positif mingguan tingkat nasional, terjadi penurunan sebesar 10,8 persen dibandingkan minggu sebelumnya. Angka tersebut mencerminkan telah terjadi penurunan penularan di tengah masyarakat. Namun demikian 5 provinsi dengan kenaikan kasus tertinggi mingguan harus kembali meningkatkan penanganannya.

Halaman
123
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved