Breaking News:

Dukung E-Tilang, Pemkab Sumedang Siap Tambah CCTV di Setiap Stopan

Untuk memasang CCTV di setiap setopan itu, pihaknya harus berkoordinasi dulu dengan setiap lembaga dalam membahas teknis pemasangan CCTV

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
CCTV PTZ yang dipasang di sekitar Alun-alun Sumedang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Pemkab Sumedang siap menambah CCTV yang dipasang di setiap stopan untuk mendukung rencana Polres Sumedang dalam menerapkan pemberlakuan Elektronic Tilang Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik.

Untuk saat ini CCTV tersebut baru dipasang di 5 titik yakni Taman Telor, Alun-alun Tegal Kalong, Masjid Agung Sumedang termasuk Alun-alun Sumedang, Bunderan Binokasih, dan di sekitar Griya Plaza.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosanditik) Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri, mengatakan, untuk menunjang tilang elektronik tersebut memang seharusnya ada CCTV yang dipasang di setiap stopan.

"Memang seharusnya dan sebaiknya seperti itu (CCTV dipasang di stopan)," ujarnya saat ditemui di Graha Insun Medal, Kabupaten Sumedang, Selasa (9/2/2021).

Namun, kata Iwa, untuk memasang CCTV di setiap setopan itu, pihaknya harus berkoordinasi dulu dengan setiap lembaga dalam membahas teknis pemasangan CCTV untuk penerapan tilang elektronik tersebut.

"Tentunya dalam tataran teknis, kami akan bicarakan dengan pihak Polres Sumedang dan Dinas Perhubungan kalau yang berkaitan dengan lalu lintas," kata Iwa.

Bahkan, pihaknya juga perlu berkoordinasi dengan lembaga lain karena untuk pemasangan CCTV yang sudah dipasang di 5 titik juga dananya dari hasil Corporate Social Responsibility (CSR).

Harga Cabai Makin Mahal, Usaha Seblak Pemain Persib Bandung Pun Gulung Tikar

"Termasuk Command Center yang sudah ready, itu merupakan bantuan dari APBD provinsi," ucapnya.

Sebelumnya, Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto mengatakan, CCTV yang dipasang di setiap lampu merah itu nantinya harus terkoneksi dengan Command Center, sehingga Dinas Perhubungan dengan Satlantas Polres Sumedang harus memiliki server yang sama.

"Sehingga prosesnya bisa update terhadap para pelanggar tersebut (lalu lintas)," ucapnya.

Dalam teknis tilang elektronik ini, nantinya para pelanggaran lalu lintas akan terekam CCTV, kemudian sistemnya akan mendeteksi identitas kendaraan dan petugas akan mengirimkan notifikasi ke pemiliknya untuk mengkonfirmasi soal pelanggarannya.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan Dishub, bagaimana cara mengoptimalkan (CCTV), sehingga aplikasi ETLE itu akan bisa diterapkan di Sumedang," kata Eko.

Kabar Duka, Ibu Mertua Melly Goeslaw Meninggal Dunia, Kalina Octaranny Sampaikan Belasungkawa

Liga 1 dikabarkan Mendapat Lampu Hijau Polri, Begini Persiapan Panpel Persib

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved