Breaking News:

Jakarta Banjir Lagi, Ketinggian Air sampai 1,9 Meter, Tersebar di Jakarta Selatan & Jakarta Timur

untuk wilayah Jakarta Selatan, banjir menggenangi tujuh kelurahan di empat kecamatan, tepatnya di 38 RT di 17 RW, dengan ketinggian antara 40-190cm.

jeprima/tribunnews.com
Sejumlah anak-anak bermain di tengah banjir yang merendam permukiman di Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta Timur, Senin (8/2/2021). Banjir dengan ketinggian 2,5 meter memaksa sejumlah warga mengungsi ke pengungsian sementara. Tercatat 2.491 warga terdampak banjir, 506 di antaranya mengungsi di posko pengungsian. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Sabdo Kurnianto mengatakan, tingginya curah hujan di hulu menyebabkan Kali Sunter dan Kali Ciliwung meluap.

Kondisi ini menyebabkan banjir di permukiman yang berada di sekitar kali.

Berdasarkan data BPBD hingga Senin (8/2/2021) pukul 12.00 WIB, terdapat 150 RT di 42 RW yang terdampak banjir di Ibu Kota.

Titik banjir tersebar di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

Sabdo menambahkan, untuk wilayah Jakarta Selatan, banjir menggenangi tujuh kelurahan di empat kecamatan, tepatnya di 38 RT di 17 RW, dengan ketinggian antara 40-190 sentimeter.

Adapun jumlah pengungsi yang tercatat sebanyak 30 kepala keluarga (KK) dengan total 304 jiwa.

Sementara itu, untuk Jakarta Timur, banjir melanda 112 RT di 25 RW dengan ketinggian antara 40-125 sentimeter.

Mengapa Dani Tega Menusuk Weni Tania & Darimana Dia Dapatkan Bambu? Ini Pengakuannya

Detik-detik Weni Tania Tewas di Tangan Dani, Ternyata Bukan Karena Ditusuk Bambu

Jumlah pengungsi dari wilayah ini sebanyak 193 KK dengan total 725 jiwa.

Dengan demikian, ada 1.029 warga yang mengungsi.

Untuk menampung pengungsi, sebanyak 14 lokasi pengungsian telah digunakan. Hingga saat ini, BPBD DKI Jakarta menyatakan tidak ada korban jiwa.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Pengerahan petugas sudah dilakukan bersama Dinas Sumber Daya Air, Damkar, dan PPSU kelurahan agar air cepat surut, sedangkan untuk hujan lokal di daerah Jakarta, dampak genangannya sudah surut," kata Sabdo melalui keterangan tertulis, Senin.

BPBD DKI Jakarta saat ini telah mendistribusikan sejumlah bantuan berupa ban dalam atau pelampung, matras, selimut, masker kain, air mineral, dan kebutuhan anak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BPBD DKI: 150 RT di Jaktim dan Jaksel Terendam Banjir, 1.029 Warga Mengungsi"

Editor: Ravianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved