Breaking News:

Imbas Banjir di Semarang, Sejumlah Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh Dialihkan ke Jalur Selatan

Hingga kini sejumlah kereta api dari dan ke Semarang maupun Surabaya yang melintasi jalur utara dialihkan ke jalur selatan.

Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Warga asyik bersantai dan berswa foto di Kawasan Kota Lama Semarang yang terendam banjir, Sabtu (6/2/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Sejumlah perjalanan kereta api jarak jauh yang melintasi jalur utara di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon dialihkan ke jalur selatan.

Hal tersebut diakibatkan imbas banjir yang merendam sejumlah wilayah PT Daop 4 Semarang sejak Minggu (7/2/2021).

Hujan yang mengguyur sejumlah daerah beberapa waktu terakhir mengakibatkan beberapa prasarana jalur rel kereta api tidak dapat dilalui.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto, mengatakan, hingga kini sejumlah kereta api dari dan ke Semarang maupun Surabaya yang melintasi jalur utara dialihkan ke jalur selatan.

"Sejumlah kereta api yang melintas di wilayah Semarang mengalami perubahan pola operasi, harus memutar jalur selatan," kata Suprapto melalui pesan singkat yang diterima Tribuncirebon.com, Senin (8/2/2021).

Ia mengatakan, rute yang seharusnya melewati Semarang - Tegal - Cirebon, diubah menjadi Solo - Kroya - Purwokerto - Cirebon.

Weni Tania Tewas Ditusuk Bambu oleh Dani, Ini Isi Pembicaraan Keduanya Sebelum Pembunuhan Terjadi

Karenanya, hal itupun berdampak pada keterlambatan jadwal kedatangan dan keberangkatan kereta api di Stasiun Cirebon dan Stasiun Cirebon Prujakan.

"Kami juga mengubah pola operasi perjalanan kereta api dari Jakarta menuju Surabaya yang melintasi jalur utara," ujar Suprapto.

Suprapto menyampaikan, pada Minggu kemarin terdapat tiga kereta api yang memutar ke jalur selatan, yakni KA Argo Bromo Anggrek, KA Dharmawangsa, dan KA Matarmaja

Ketiga kereta api tersebut memutar melalui jalur selatan yang meliputi Cirebon Prujakan - Purwokerto - Kroya - Solo.

"Untuk Senin pagi ini juga masih memutar, tadi KA Dharmawangsa relasi Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi yang pola operasinya memutar," kata Suprapto.

Apa yang Harus Dilakukan saat Ponsel Hilang? Bagaimana Cara Melacaknya? Ini Penjelasannya

Sementara penumpang tujuan Pekalongan dan Semarang dialihkan menggunakan moda transportasi Bus yang telah disiapkan PT KAI.

Pihaknya memastikan seluruh unit PT KAI Daop 3 Cirebon telah disiagakan dan terus berkoordinasi agar perjalanan kereta api normal kembali.

"Kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pengguna jasa kereta api," ujar Suprapto.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved