Breaking News:

SIAP-SIAP, PPKM Skala Mikro Akan Diberlakukan Mulai Senin 9 Februari

Kebijakan ini juga sekaligus menggantikan PPKM Jawa Bali yang diberlakukan sejak tanggal 11 Januari dan diperpanjang sampai 8 Februari 2021.

Editor: Ravianto
Tribun Jabar/Irvan Maulana
Kedai kopi di Kabupaten Subang yang tampak sepi akibat PPKM. Kebijakan baru dikeluarkan pemerintah pusat terkait penanggulangan Covid-19 di Indonesia. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Kebijakan baru dikeluarkan pemerintah pusat terkait penanggulangan Covid-19 di Indonesia.

Kebijakan ini akan mulai diterapkan tanggal 9 Februari 2021.

Kebijakan ini juga sekaligus menggantikan PPKM Jawa Bali yang diberlakukan sejak tanggal 11 Januari dan diperpanjang sampai 8 Februari 2021.

Menurut Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Nasional Brigjen TNI (Purn) Alexander Ginting, Presiden Joko Widodo telah memutuskan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM) berskala mikro.

PPKM berskala mikro ini dimulai pada 9 Februari 2021.

"Berdasarkan keputusan presiden bahwa mulai 9 Februari ini akan dilaksanakan PPKM berskala mikro," kata Alexander dalam diskusi virtual yang digelar BNPB, Jumat (5/2/2021).

Alexander menambahkan, salah satu tujuan PPKM berskala mikro ini yakni memperbaiki penanggulangan Covid-19 di wilayah hulu, misalnya di pedesaan.

Untuk itu, dalam PPKM berskala mikro diharapkan setiap desa bisa mendirikan posko tanggap Covid-19 yang berperan sebagai pendamping tim pelacak untuk melakukan penelusuran penyebaran Covid-19.

"Artinya harus ada posko di desa yang mendampingi puskesmas, yang mendampingi tim pelacak, sehingga mereka yang diisolasi harus 14 hari dikurung, kalau dikurung harus dikasih makan, harus diawasi," ucap Alexander.

Menurut Alexander, upaya perbaikan di wilayah hulu menjadi pekerjaan rumah semua lini, tidak hanya menjadi tanggung jawab petugas kesehatan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved