Breaking News:

Penanganan Virus Corona

Catat, Mulai Hari Ini Ada Denda Rp 100 Ribu Bagi Warga Cianjur yang Tak Pakai Masker

Pemkab Cianjur menerapkan sanksi denda Rp100 ribu bagi yang tidak mengenakan masker dan mematuhi protokol kesehatan.

Tribun Jabar/ Ferri Amiril Mukminin
ILUSTRASI warga Cianjur memakai masker dan masuk ke bilik disinfektan sebelum masuk ke ruangan 

Laporan Wartawan Tribunjabar.id, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Warga Cianjur yang keluar rumah tak mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker akan didenda Rp 100 ribu mulai hari ini

Hal tersebut dilakukan pemerintah Kabupaten Cianjur karena semakin banyak warga yang masih abai menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Pemkab Cianjur menerapkan sanksi denda Rp100 ribu bagi yang tidak mengenakan masker dan mematuhi protokol kesehatan.

Pelatih Southampton Ralph Hasenhuttl: Kami Pernah Kalah 0-9 dari Leicester dan Bisa Bangkit

Sanksi tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) Cianjur Nomor 6 Tahun 2021 tentang pengenaan sanksi administratif terhadap pelanggaran protokol kesehatan dalam pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru sebagai upaya pencegahan dan pengendalian coronavirus disease 2019 (covid-19).

“Tidak lain dalam rangka upaya agar Covid-19 ini tren-nya harus turun di Cianjur,” ujar Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman kepada di Pendopo Bupati Cianjur, Rabu (3/2/2021).

Herman mengatakan, dikeluarkan Perbup 6 tahun 2021 karena hasil evaluasi di lapangan semakin hari masyarakat yang memakai masker sudah berkurang.

Kasatpol PP Kabupaten Cianjur, Hendri Prasetyadhi mengatakan, penerapan sanksi dalam Perbup 6 tahun 2021 harus bijak karena tujuannya tidak mencari uang.

Ribuan Tenaga Kesehatan di Jabar Ikuti Gebyar Vaksinasi Covid-19 di Gedung Sabuga Bandung

“Tujuannya mendisiplinkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan dengan Perbup ini masyarakat akan lebih paham akan kewajiban dia sendiri memakai masker, mematuhi protokol kesehatan. Jangan sampai disiplin karena ada petugas. Maksimal Rp100 ribu yang tidak memakai masker, badan usaha bertahap ada yang Rp300 ribu sampai Rp400 ribu, ada jenis-jenisnya di dalam Perbup,” ujarnya.

Hendri mengatakan, nantinya denda administratif bisa dikonversi dengan menyumbangkan masker. “Nanti kita lihat objeknya, jangan sampai dia gak mampu dipaksa suruh bayar gak mungkin,” katanya

Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved