Breaking News:

Komunitas

VIDEO-Siap Siaga Kebencanaan, Beberapa Komunitas Buat Pelatihan di Gunung Batu Lembang Bandung Barat

Kegiatan pelatihan ini dilakukan guna sebagai bentuk antisipasi siag siaga dalam kebencanaan hal itu melihat kondisi...

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Beberapa komunitas dibawah naungan Relawan Penanggulangan Bencana Lembang (RPBL) berinisiatif melakukan kegiatan pelatihan panjat tebing di Gunung Batu, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Beberapa komunitas yang ikut pelatihan tersebut diantaranya Komunitas Ikatan Keluarga Taruna Mandiri (IKTN), komunitas Alas dan komunitas Peta.

Ketua Komunitas Ikatan Keluarga Taruna Mandiri (IKTN) Dedang Kurnia menjelaskan kegiatan pelatihan ini dilakukan guna sebagai bentuk antisipasi siag siaga dalam kebencanaan hal itu melihat kondisi wilayah Kabupaten Bandung Barat masuk zona bencana seperti, longsor dan gempa.

"Pelatihan ini untuk peningkatan kapasitas relawan seperti latihan dasar bagaimana relawan melihat medan kondisi, penarik korban yang berada di bawah jurang, " ujar Dedang kepada Tribun Jabar di Lembang, Senin (1/2/2021).

Dedang mengatakan beberapa relawan juga diajarkan cara memanjat dibantu dengan alat seperti diajarkan tali temali menggunakan prusik, belajar Single Roup Teknik (SRT), belajar penjat, vertical resaue dan penanganan korban mengevakuasi korban.

Komunitas yang sudah dibangun dari tahun 2014 ini, kata Dedang melakukan kegiatan lain seperti sosialisasi ke sekolah-sekolah mengenai cara menyelamatkan atau evakuasi saat terjadinya bencana.

"Kami dari dulu, sudah bergerak di sosialisasi ke sekolah tingkat TK, SD dan SMP simulasi kebencanaan, " ucapnya.

Ia mengungkapkan meskipun kegiatan yang diadakan beberapa komunitas tersebut sedikit bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bandung, pihaknya tetap bersolidaritas dengan komunitas lainnya melakukan kegiatan latihan.

"Pelatihan sementara inisiatif komunitas, meskipun masih minim suport dari Pemkab Bandung Barat. Namun kini komunitas ini berada di bawah naungan BPBD KBB," ucapnya.

Dedang menambahkan untuk kegiatan pelatihan panjat tebing di Gunung Batu ini, diikuti sebanyak 15 orang relawan yang siap diterjunkan jika sewaktu-waktu ditugaskan ke lapangan khususnya saat terjadi bencana. (*)

Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Video production: Dicky Fadiar Djuhud
Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved