VIDEO LPSK Serahkan Santunan ke Korban Terorisme di Aula Sanika Satyawada Mapolres Cirebon Kota

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menyerahkan santunan kepada para korban tindak pidana terorisme Masjid Adz - Dzikro Polres Cirebon Kota,

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: yudix
Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi
 
TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menyerahkan santunan kepada para korban tindak pidana terorisme Masjid Adz - Dzikro Polres Cirebon Kota, Jumat (29/1/2021).
 
Ketua LPSK, Hasto Atmojo Suroyo, secara simbolis menyerahkan santunan tersebut kepada perwakilan korban di Aula Sanika Satyawada Mapolres Cirebon Kota, Jalan Veteran, Kota Cirebon.
 
Dalam sambutannya, Hasto menyampaikan, terdapat 30 personel Polres Cirebon Kota yang menjadi korban aksi terorisme di Masjid Adz - Dzirko pada 2011.
Mereka diberikan santunan sebagai bentuk kompensasi dan ganti rugi dari negara kepada para korban tindak pidana terorisme.
 
"Ada 30 personel Polres Cirebon Kota yang menjadi korban terorisme masa lalu," kata Hasto Atmojo Suroyo.
 
Ia mengatakan, hal tersebut sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2020 yang mengatur bahwa korban tindak pidana terorisme masa lalu berhak memperoleh kompensasi.
Karenanya, para korban terorisme dari mulai peristiwa bom bali 1, bom masjid Adz-Dzikro Polres Cirebon Kota, dan lainnya akan diberikan santunan oleh LPSK.
 
Menurut dia, hingga kini terdapat 215 korban dan ahli waris korban terorisme masa lalu yang akan diberikan santunan oleh pemerintah melalui LPSK.
 
Kegiatan kali ini merupakan lanjutan dari pemberian kompensasi bagi korban terorisme masa lalu yang diberikan Presiden RI, Joko Widodo, pada 16 Desember 2020.
"Besaran kompensasi yang diberikan berkisar antara Rp 75 juta - Rp 250 juta," ujar Hasto Atmojo Suroyo.
 
Adapun rinciannya ialah korban meninggal dunia Rp 250 juta, korban luka berat Rp 210 juta, korban luka sedang, Rp 115 juta, dan korban luka ringan Rp 75 juta.
 
Ia mengatakan, dalam kegiatan kali ini kompensasi juga diberikan kepada keluarga Ciska Edi Handoko, korban bom Gereja Santa Maria Tak Bercela Surabaya yang terjadi pada 2018.
 
"Yang bersangkutan merupakan warga Cirebon, sehingga kompensasinya diberikan sekarang," kata Hasto Atmojo Suroyo.
 
Hasto mengatakan, LPSK mendapat tugas dari negara untuk memberikan kompensasi kepada 215 korban terorisme masa lalu hingga Juni 2021.
Karenanya, kegiatan seperti kali ini akan terus dilaksanakan sebagai bentuk kehadiran negara di tengah keluarga korban terorisme masa lalu.
 
Dalam kegiatan tersebut, perwakilan korban terorisme masa lalu tampak hadir di dua tempat terpisah agar mereka dapat saling menjaga jarak sesuai protokol kesehatan.
 
Yakni, di Aula Sanika Satyawada dan dan halaman Mapolres Cirebon Kota, Jalan Veteran, Kota Cirebon, yang menyaksikan sermoni kegiatannya melalui layar besar yang disediakan.
Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul VIDEO LPSK Serahkan Santunan ke Korban Terorisme di Aula Sanika Satyawada Mapolres Cirebon Kota, https://jabar.tribunnews.com/2021/01/30/video-lpsk-serahkan-santunan-ke-korban-terorisme-di-aula-sanika-satyawada-mapolres-cirebon-kota.
Penulis: Ahmad Imam Baehaqi
Video Editor: Wahyudi Utomo
Sumber: Tribun Cirebon
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved