Breaking News:

Jarang Terpikir oleh Kita, Ini 10 Tips Sederhana Siaga Jika Sewaktu-waktu Terjadi Bencana

Sejumlah musibah akhir-akhir ini melanda Indonesia, ada longsor di Sumedang, Jawa Barat, kemudian banjir

istimewa
Ilustrasi Longsor di Cimanggung Sumedang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Sejumlah musibah akhir-akhir ini melanda Indonesia, ada longsor di Sumedang, Jawa Barat, kemudian banjir di Kalimantan, gempa bumi di Sulawesi Barat, hingga yang terbaru erupsi Gunung Merapi di Jawa Tengah. 

Komandan regu pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Purwakarta, Afif BJ pun mewanti-wanti warga masyarakat Purwakarta untuk selalu bersiaga terhadap situasi di lingkungannya masing-masing.

Terutama warga yang berada di wilayah dataran tinggi, seperti Kecamatan Pondoksalam, Kecamatan Wanayasa, Kecamatan Kiarapedes, Kecamatan Bojong, dan Kecamatan Darangdan. 

Gara-gara Pakai Ayam Hidup dalam Bansos, BPK RI Pun Turun Langsung Evaluasi ke Cianjur

Tak hanya mewanti ke warga yang ada di zona rawan longsor, Afif juga meminta warga di zona industri waspada akan terjadinya bencana kebakaran meskipun saat ini memasuki musim hujan.

Afif membagikan sejumlah tips kebiasaan siaga bencana, yakni tidur berpakaianlah yang benar (lengkap) dengan tidak hanya menggunakan sarung terlebih pada perempuan, usahakan jilbab selalu siap dan baterai handphone serta powerbank selalu terisi dengan cukup.

"Musibah tidak ada yang tahu. Jangan kunci pintu kamar tidur. Jika tidur janganlah memakai headset. Hape, laptop, jam tangan, dompet atau barang berharga lain diletakkan pada tempat yang dapat segera diambil," ujarnya, Jumat (29/1/2021).

Tips selanjutnya, kata Afif, kendaraan baik motor atau mobil diusahakan selalu di parkir dengan kepala menghadap ke luar. Dia juga berpesan untuk menyimpan kunci motor atau mobil di satu tempat yang mudah diambil.

Sopir Mengantuk,Truk Tronton di Parungkuda Sukabumi Oleng, Terguling Menimpa Sedan yang Parkir

"Sediakan pakaian yang cukup untuk 2 sampai 3 hari yang terlipat rapi termasuk pakaian dalam. Terakhir, salat tepat waktu dan jangan lupa berdoa sebelum tidur dengan memohon lindungan Allah SWT untuk diri, keluarga, dan keselamatan semua. Biasakan mulai saat ini kesiapsiagaan bencana," ujarnya

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved