Breaking News:

Buruan SAE di Halaman Masjid As Shidiq, Lurah Pasirjati Ikut Mencangkul, Camat Cerita Kisah Sukses

Warga di lingkungan RW 14 dan tim Kelurahan Pasirjati, Ujungberung, Kota Bandung, membangun projek Buruan SAE di lahan warga depan Masjid As Shidiq.

Tribunjabar.id/Kisdiantoro
Warga di lingkungan RW 14 dan tim Kelurahan Pasirjati, Ujungberung, Kota Bandung, membangun projek Buruan SAE di lahan warga depan Masjid As Shidiq, Kamis (28/1/2021). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Warga di lingkungan RW 14 dan tim Kelurahan Pasirjati, Ujungberung, Kota Bandung, membangun projek Buruan SAE di lahan warga depan Masjid As Shidiq, Kamis (28/1/2021).

Buruan yang berati halaman dan SAE singkatan dari sehat, alami, ekonomis adalah program Pemerintah Kota Bandung dalam meningkatkan ketahanan pangan masyarakat di tengah wabah virus corona.

Program Buruan SAE melibatkan masyarakat secara berkelompok atau individu memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami tanaman pangan atau beternak sebagai sumber protein hewani.

VIDEO-Epy Kusnandar alias Kang Mus Umumkan Ica Naga alias Kang Pipit Preman Pensiun Meninggal di IG

INNALILLAHI, Wabup Bandung Barat Hengky Kurniawan Berduka, Orang Tercinta Meninggal Akibat Covid

Kisah Tim Pemulasaran Jenazah Covid-19, Baru Memakamkan Jenazah Ambulans Langsung Mogok

Bergabung dengan warga, Lurah Pasirjati Agus Mulayana, kemarin, terlihat ikut mencangkul dan merapihkan tanah untuk media tanam sayuran.

"Buruan SAE ini program pemerintah, memanfaatkan lahan untuk bercocok tanam atau beternak. Tujuannya agar ada ketahanan pangan warga. Misal, kalau cabai lagi mahal, warga tidak harus susah. Tinggal petik di buruan SAE," ujar Lurah Pasirjati Agus Mulyana.

Darimana bibit tanaman dan pembinaannya?

Sebagai awal, bibit tanaman bisa dihadirkan secara mandiri oleh warga.

Namun setelah Buruan SAE berjalan, dari sejumlah dinas yang programnya sejalan dengan program Buruan SAE akan turun langsung tanpa diminta, untuk memberikan bantuan dan pembinaan.

Warga di lingkungan RW 14 dan tim Kelurahan Pasirjati, Ujungberung, Kota Bandung, membangun projek Buruan SAE di lahan warga depan Masjid As Shidiq, Kamis (28/1/2021).
Warga di lingkungan RW 14 dan tim Kelurahan Pasirjati, Ujungberung, Kota Bandung, membangun projek Buruan SAE di lahan warga depan Masjid As Shidiq, Kamis (28/1/2021). (Tribunjabar.id/Kisdiantoro)

Camat Ujungberung Kota Bandung Drs Jajang Hamdani yang di hari yang sama mengikuti acara Pelantikan Pengurus Baru DKM As Shidiq 2021-2024, mengapresiasi adanya program Buruan SAE di lingkungan RW 14 Pasirjati.

Dia mencontohkan keberhasilan Buruan SAE di sebuah masjid di Ujungberung.

"Ada sebuah masjid yang sukses dengan program Buruan SAE. Dikeola oleh masjid, sayuran dijual ke warga. Uangnya bisa jadi pemasukan masjid bahkan dibeli dengan harga mahal, karena warga juga ingin sekalian infaq," ujar Jajang Hamdani.

Ketua RW 14 Azzam Nurhadi yang di hari itu juga terlihat ikut membuat media tanam, mengajak warga untuk memanfaatkan lahan kosong, menjadi meda tanam dan hasilnya bisa dimanfaatkan oleh warga. (Tribunjabar.id/Kisdiantoro)

Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved