Breaking News:

Jimat Siliwangi, Varietas Mangga Ini Dipercaya Bagus Bagi Kesehatan, Bisa untuk Kulit Hingga Kanker

Varietas mangga yang dinamai 'Jimat Siliwangi' ini dipercaya bermanfaat untuk pencernaan, kesehatan hati, mata, kulit, dan mengurangi resiko kanker

istimewa
Varietas mangga yang dinamai 'Jimat Siliwangi' ini dipercaya bermanfaat untuk pencernaan, kesehatan hati, mata, kulit, rambut dan mengurangi resiko kanker 

TRIBUNJABAR.ID, SUBANG - Masih dalam rangkaian kegiatan acara peresmian Kantor Makodim 0605 Subang, Bupati Subang H. Ruhimat bersama Pangdam III Siliwangi meninjau berbagai hasil budidaya pertanian dan perikanan di area Subang Urban Farming yang termasuk dalam area gedung Makodim 0605 Subang. Rabu (27/1/2021).

Subang Urban Farming sendiri merupakan program yang digagas oleh Kodim 0605 Subang, berupa lahan produktif yang berisi berbagai macam budidaya tanaman dan ikan diantaranya budidaya ikan, tanaman buah-buahan, bunga, magot, jamur hingga lebah.

Yang menarik dari salah satu tanaman tersebut adalah pohon varietas mangga yang dinamai 'Jimat Siliwangi'.

Bahaya Covid-19 Bila Menyerang Organ Pernafasan, Ini Cara Alami Menyehatkan Paru-paru

Varietas mangga yang dimaksud adalah mangga irwin dan mahatir.

Kelebihan mangga unggulan tersebut selain untuk dikonsumsi juga memiliki manfaat kesehatan.

Hal itu dijelaskan oleh Dandim 0605 Subang Letkol Arh. Edi Maryono, ketika diwawancara awak media ia menjelaskan, kedua varietas mangga unggulan tersebut memiliki manfaat kesehatan

"Mangga irwin dapat meningkatkan kekebalan tubuh, baik untuk tulang dan pasien diabetes, anemia serta anti kanker, sementara mangga mahatir bermanfaat untuk pencernaan, kesehatan hati, mata, kulit, rambut dan mengurangi resiko kanker," Kata Dandim ketika diwawancara awak media disela kunjungan tersebut.

Ketika ditanya soal penamaan Jimat Siliwangi, Dandim menjelaskan nama tersebut diambil dari nama Bupati sebagai Kepala Daerah serta Siliwangi sebagai nama dari Pangdam III.

Nikmatnya Sensasi Kopi Biji Mangga Khas Indramayu, Rasanya Kecut Segar, Bikin Ketagihan

"Jimat itu nama H. Ruhimat, Siliwangi nya nama satuan itu dari Bapak Pangdam, penamaan ini merupakan simbolis dan bentuk sinergitas kita Sipil dan Militer dalam upaya percepatan pembangunan." kata Dandim Edi kepada awak media.

Tak ayal, hubungan antar Bupati Subang yang kerap disapa Kang Jimat bersama Letkol Edi sebagai Dandim di Subang nampak lengket, kedua sejoli tersebut bahkan disebut-sebut sering menghadiri kegiatan bersama-sama.

Secara terpisah Bupati Subang Kang Jimat, mengatakan bahwa mangga Jimat Siliwangi merupakan salah satu komoditi buah yang nantinya akan ditanam di area klaster ketahanan pangan di Serangpanjang.

"Seperti pembicaraan saya dengan pak Jenderal kemarin di Bukit Nyomot, kita sudah sediakan ribuan hektare lahan tidur, mangga ini salah satu yang akan kita tanam," kata Kang Jimat.

Mangga Gedong Gincu Sumedang Dijual di Rusia, Berawal dari Oleh-oleh

Kang Jimat menuturkan kini lahan klaster ketahanan pangan tersebut sedang proses persiapan.

"Kita langsung kerjakan, masih disiapkan, kita doakan saja semoga cepat selesai, semoga ketahanan pangan ini bisa menunjang kebutuhan pangan, khususnya untuk masyarakat Subang." katanya.

Penulis: Irvan Maulana
Editor: Siti Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved