Breaking News:

Hari Ini 40 Tahun Lalu, Tampomas II Tenggelam, Jadi Kecelakaan Kapal Paling Tragis di Indonesia

KMP Tampomas II tenggelam menjadi kecelakaan kapal paling tragis di Indonesia. Kecelakaan ini memakan ratusan korban jiwa

Penulis: Seli Andina Miranti
Editor: Seli Andina Miranti
Dok. Kompas/Kompas.com
Seorang awak kapal Sangihe yang sedang berusaha menolong para korban Tampomas II, sempat mengabadikan kapal naas tersebut. Tampak para penumpang berdesakan memadati haluan dan anjungan kapal menantikan pertolongan. Sedang seutas tali sepanjang 100 meter terentang antara Sangihe dengan Tampomas II yang sudah lumpuh itu. Suasana ini diabadikan pada tanggal 26 Januari 1981 pukul 09.00. 

TRIBUNJABAR.ID - Hari ini 40 tahun lalu, lebih tepatnya pada 27 Januari 1981, terjadi salah satu tragedi terbesar dalam sejarah transportasi publik di Indonesia.

KMP Tampomas II tenggelam. Ini menjadi kecelakaan kapal paling tragis di Indonesia. Kecelakaan yang memakan ratusan korban jiwa tersebut terjadi di sekitar kepulauan Masalembo-Laut Jawa.

Pada sekitar 1980-an, KMP Tampomas merupakan salah satu kapal laut yang melayani transportasi publik antar pulau.

Sebelumnya, kapal yang dikelola oleh PT Pelni ini digunakan untuk melayani perjalanan haji.

Dilansir dari Harian Kompas 27 Januari 1981, saat berangkat dari Pelabuhan Tanjungpriok Jakarta, Sabtu (24/1/1981), KMP Tampomas II mengangkut 1.054 penumpang dan 82 awak.

Saat itu, tak hanya mengangkut penumpang, kapal ini pun mengangkut 191 mobil dan sekitar 200 sepeda motor, dan mesin giling.

Tujuan akhir dari kapal tersebut adalah Ujung Pandang (Makassar). Perjalanan sendiri dijadwalkan selama dua hari dua malam sehingga diperkirakan akan sampai pada 26 Januari 1981.

Pada saat kapal berlayar, ombak Januari di Laut Jawa sedang besar dibandingkan di bulan-bulan lain. Ombak setinggi 7-10 meter wajar terjadi.

Kebakaran

Tenggelamnya KMP Tampomas II diawali dengan kebakaran hebat.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved