Breaking News:

Dilanda Hujan Ekstrem, Kebun Porang di Ciamis Mulai Terjangkit Busuk Batang, Petani Gelisah

Petani berharap ada petunjuk teknis dari dinas berwenang menyusul adanya penyakit busuk atau layu batang yang kini menyerang tanaman porang di Ciamis.

Istimewa
Busuk batang – Memasuki musim hujan (ekstrim) ini kebun porang di Ciamis mulai terjangkit penyakit busuk batang. Seperti yang terjadi di kebun porang milik Ade di Blok Sukamenak Desa Mekarmukti Cisaga maupun kebun porang milik Tofan di Blok Purut Dusun Cikatomas Desa Handapherang Cijeungjing 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Tingginya curah hujan selama musim hujan ekstrem yang sudah berlangsung selama 3 bulan ini diduga telah memicu terjadinya serangan hama penyakit terhadap tanaman porang (Amorphophallus muelleri).

Di antaranya penyakit busuk batang daun atau layu batang yang diduga akibat serangan jamur atau serangan hama uret/kuul (ulat tanah).

Seperti yang menimpa kebun porang milik Ade di Blok Sukamenak, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cisaga.

“Ada sepuluh batang porang yang mengalami busuk layu. Satu pohon sudah parah busuknya, sedangkan sembilan pohon porang lainnya belum begitu busuk,” ujar Ade kepada Tribun, Minggu (24/1/2021).

Khawatir menular ke pohon porang lainnya, 10 tanaman porang yang terjangkit penyakit busuk batang tersebut dicabut dan dibuang.

“Sudah saya buang semua, takut menular ke tanaman (porang) lainnya,” katanya.

Menurut Ade, ia baru memulai bercocok tanam porang. Ada sekitar 2.000 bibit porang yang ditanamnya di awal musim hujan lalu.

Bibitnya berasal dari 3 macam, yakni umbi, cabutan, dan katak (biji yang muncul dari ketiak daun porang). Ribuan bibit porang tersebut dtanam di 4 lokasi.

Baca juga: Diserang Tawon, Kakek yang Sedang Cari Rumput di Pemalang Tewas, Ada Puluhan Bekas Sengatan

“Sepuluh pohon porang yang mati layu busuk batang tersebut berasal dari bibit katak,” ujar Ade.

Halaman
12
Penulis: Andri M Dani
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved