Breaking News:

Baru Awal Tahun Sudah 216 Pelanggar Prokes di Kota Sukabumi tapi Belum Diberi Sanksi

Memasuki awal 2021, Satpol PP Kota Sukabumi mencatat ada 216 pelanggar protokol kesehatan (Prokes).

tribunjabar/fauzi noviandi
Baru Awal Tahun Sudah 216 Pelanggar Prokes di Kota Sukabumi tapi Belum Diberi Sanksi 

Laporan Kontributor Tribun Jabar Kota Sukabumi, Fauzi Noviandi

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Memasuki awal 2021, Satpol PP Kota Sukabumi mencatat ada 216 pelanggar protokol kesehatan (Prokes).

Namun hingga saat ini belum memberikan sanksi administrasi.

Kasi Pembinaan Pengawasan dan Penyuluhan Satpol PP Kota Sukabumi, Wawan mengatakan, memasuki awal Januari 2021 kedisiplinan warga terhadap prokes masih rendah.

"Di awal Januari ini kita mencatat ada sebanyak 216 pelanggar protokol kesehatan. Sebanyak 200 di antaranya warga dan 16 lainnya Pedagang Kaki Lima (PKL)," kata Wawan, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (24/1/2021).

Baca juga: 4.000 Hektare Lahan Tidur di Subang Siap Dimanfaatkan untuk Program Food Estate

Berdasarkan Perwal Nomor 36 tahun 2020, lanjut dia, sejumlah pelanggar prokes tersebut diberikan sanksi ringgan, seperti sanksi sosia, dan edukasi mengenai pencegahan Covid-19.

"Hingga sejauh ini kami belum memberikan sanksi administrasi, karena ada beberapa tahapnya. Misalnya terdapat warga yang beberapa kali terjaring makan akan diberikan sanksi admistrasi," ucapnya.

Selain itu, Wawan mengatakan terkait pelaksanaan protokol kesehatan di beberapa hotel dan sejumlah kafe dan beberapa toko swalayan sejauh ini masih mematuhinya.

"Untuk perhotelan, kafe dan toko swalayan lainnya itu sebetulnya wewenang dari dinas terkait, namun apabila terdapat pelanggaran protokol kesehatan maka dinas terkait akan memberikan rekomendasi pada kita untuk ditindak," ujarnya.

Baca juga: Sudah Tiga Hari Tenggelam di Sungai Cimanuk, Warga Sumedang Ini Belum Ditemukan

Ia mengatakan bakal terus berpatroli ke sejumlah wilayah untuk memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan baik dan benar serta bakal mengedukasi masyarakat dalam menjalankannya.

Penulis: Fauzi Noviandi
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved