Breaking News:

Arab Saudi Berikan Syarat Baru untuk Jemaah Umrah dari Indonesia, Masih Berkenaan dengan Usia

Pemerintah Arab Saudi mengumumkan adanya syarat baru berkenaan kebijakan umrah. Ada pembatasan kategori usia bagi jemaah umrah, khususnya bagi warga

Editor: Hilda Rubiah
istimewa
Jemaah umrah berangkat dari BIJB Kertajati 

TRIBUNJABAR.ID - Pemerintah Arab Saudi mengumumkan adanya syarat baru berkenaan kebijakan umrah.

Ada pembatasan kategori usia bagi jemaah umrah, khususnya bagi warga negara Indonesia (WNI).

Kepala Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Zaky Zakaria Anshary menyampaikan, syarat umur bagi jemaah umrah WNI saat ini yakni 18-60 tahun.

Baca juga: Mendikbud Tegaskan Siswa TAK PERLU Daftar Bimbel untuk Hadapi Asesmen Nasional

"Informasi terbaru dari beberapa Muassasah Saudi Arabia menyatakan syarat umur bagi jemaah umrah khusus warga Indonesia menjadi 18-60 tahun," ujar Zaky saat dihubungi Kompas.com, Jumat (22/1/2021).

Zaky memaparkan, sebelumnya syarat umur untuk jemaah umrah bagi WNI adalah 18-50 tahun.

Adapun perubahan syarat usia jemaah umrah ini disambut baik oleh masyarakat Muslim Indonesia. Sebab, pendaftar umrah Indonesia sangat banyak yang berumur lebih 50 tahun.

"Pendaftar umrah yang berumur 50 tahun sangat banyak," katanya lagi.

Update kegiatan umrah dari Amphuri Selain itu, Zaky menyampaikan update agenda yang dilakukan Amphuri bersama jemaah umrah lainnya.

Pada 5 Januari 2021, Surat Keputusan Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 6 Tahun 2021 tanggal 5 Januari 2021 tentang Kriteria Hotel dan Kewajiban RT-PCR bagi Warga Negara Indonesia ( WNI) Pelaku Perjalanan Luar Negeri yang mewajibkan WNI Pelaku Perjalanan Luar Negeri untuk karantina selama 5 hari dan tes RT-PCR 2 kali (pada saat kedatangan dan keluar dari karantina hotel).

Kemudian, sebanyak tiga grup umrah berangkat umrah pada tanggal 9 sampai 11 Januari 2021.

Jemaah umrah asal Indonesia melakukan swab test di hotel di Mekkah. Sebelumnya, program ini sudah dijadwalkan pemerintah Kerajaan Arab Saudi bahwa jemaah umrah harus swab test dua hari setelah kedatangannya di Arab Saudi.(Dokumentasi Amphuri)
Jemaah umrah asal Indonesia melakukan swab test di hotel di Mekkah. Sebelumnya, program ini sudah dijadwalkan pemerintah Kerajaan Arab Saudi bahwa jemaah umrah harus swab test dua hari setelah kedatangannya di Arab Saudi.(Dokumentasi Amphuri) ()

Baca juga: Hambali Segera Disidang Bersama 2 Orang Malaysia, Ini Rekam Jejak Tersangka Bom Bali Tersebut

Baca juga: UPDATE COVID-19 di Bandung, Pasien Covid-19 di Bandung Lambat Sembuh

Halaman
12
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved