Breaking News:

Sebanyak 44,8453 Gram Sabu-sabu dan 24,9613 Gram Ganja Dimusnahkan Kejari Kota Sukabumi

Sebanyak 44, 8453 gram sabu sabu, 24,9613 gram ganja kering, satu senpi rakitan, dan sejumlah barang bukti

tribunjabar/fauzi noviandi
Sebanyak 44,8453 Gram Sabu-sabu dan 24,9613 Gram Ganja Dimusnahkan Kejari Kota Sukabumi 

Laporan Kontriutor Kota Sukabumi, Fauzi Noviandi

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Sebanyak 44, 8453 gram sabu sabu, 24,9613 gram ganja kering, satu senpi rakitan, dan sejumlah barang bukti hasil tindak perkara kejahatan dimusnahkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Sukabumi.

Kepala Kejari Kota Sukabumi, Mustoming mengatakan, sejumlah barang bukti yang dimusnahkan tersebut merupakan dari beberapa perkara yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.

"Barang bukti tersebut merupakan sisa perkara dari tahun 2020, dan berasal dari 26 perkara yang telah diputus dan memiliki kekuatan hukum yang tetap,” katanya pada wartawan, Rabu (20/1/2021).

Dari 26 perkara tersebut lanjut dia, terdapat barang bukti berupa sabu - sabu sebanyak 44, 8453 gram sabu sabu, 24,9613 gram ganja kering, ribuan butir obat-obatan terlarang, dan satu buah senpi, serta beberapa sajam.

Baca juga: Ridwan Kamil Cek Penerapan Prokes di Kabupaten Terburuk, Kunaon Teu Dimasker Pak

"Barang bukti senpi itu merupakan dari hasil perkara perizinan. Dalam pemusnahan ini untuk Sabu-sabu dan ganja dimusnahkan dengan cara dibakar sampai menjadi abu. Barang bukti yang digunakan untuk tindak kejahatan yaitu senjata api jenis air soft gun, golok, dan pedang dengan cara dipotong," katanya.

Mustaming mengatakan, sepanjang tahun 2020 telah terjadi peningkatan perkara narkotika. Dari sekitar 333 perkara yang kami terima sebanyak 150 perkara merupakan kasus kejahatan narkotika.

"Dari kasus-kasus narkotika dan obat-obatan terlarang sebagian besar barang bukti untuk dikonsumsi sendiri oleh pelaku, ada juga yang dijual dan diedarkan disekitar Sukabumi Kota," ucapnya.

Pihaknya mengatakan, dari sejumlah barang bukti yang dimusnaghkan tersebut diperkirakan nilainya hampir mencapai miliaran rupiah.

Baca juga: Wanita Disiram Air Keras, Saat Sedang Naik Motor, Motif Asmara, Pelaku Disuruh TKI di Taiwan

Sementara itu, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi yang menghadiri pemusnahan sejumlah barang bukti tindak pidana, mengatakan, masih banyaknya peredaran narkoba di Kota Sukabumi bukan hanya tugas dari institusi terkait, namun harus diwaspadai oleh semua pihak.

"Kalau dibeban kepada personail keamaan, tentunya sangat terbatas, oleh karena itu harus saling mengawasi bersama dengan sejumlah pihak dan paling utamanya masyarakat," katanya.  

Penulis: Fauzi Noviandi
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved