Breaking News:

Pandemi Covid-19, Banyak Perusahaan Rugi tapi Perusahaan di Kampung Ini Malah Untung Lebih 100 %

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bisa membawa tatanan perekonomian di wilayah pedesaan menjadi lebih baik.

tribunjabar/nandri prilatama
Pandemi Covid-19, Banyak Perusahaan Rugi tapi Perusahaan di Kampung Ini Malah Untung Lebih 100 % 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bisa membawa tatanan perekonomian di wilayah pedesaan menjadi lebih baik.

Badan usaha ini dapat memberikan dampak pula pada peningkatan potensi antardesa.

Implementasi ini dilakukan salahsatu jajaran BUMDes Bersama (BUMDesma) Dulur Rahayu yang ada di Kecamatan Kiarapedes, Purwakarta.

BUMDesma ini dipimpin Hasan Sidik sebagai Direktur Utama dengan memiliki tiga jenis kegiatan usaha, seperti kegiatan usaha simpan pinjam permodalan bagi ibu-ibu produktif, distributor sembako, dan kios tani.

Baca juga: Pembunuhan Mahasiswa Telkom University, Pelaku Sakit Hati Tak Dipinjami Duit oleh Korban

Dalam musyawarah antardesa (MAD) laporan akhir tahun 2020 pada Selasa (19/1/2021), BUMDesma yang berlokasi di Jalan Raya Kiarapedes KM 28 Kampung Ciloji, Desa/Kecamatan Kiarapedes, dapat memperoleh laba bersih mencapai Rp 550 juta.

Di tengah pandemi Covid-19, BUMDesma ini justru mengalami keuntungan usaha sekitar Rp 150 juta dibanding tahun sebelumnya yang mencapai Rp 400 juta atu naik lebih dari 100 persen.

"Untung ini kami alokasikan untuk penambahan modal dana kelembagaan dan 30 persennya ke pendapatan asli desa (PADes)," ujarnya.

Nilai keuntungan yang dibagikan, kata Hasan, Rp 153 juta dibagikan dengan menransfer ke 10 rekening desa di Kecamatan Kiarapedes.

Musyawarah antardesa yang dilakukan ini, Hasan menyebut sebagai laporan kegiatan usaha lembaga setiap tahunnya, seperti simpan pinjam modal bagi ibu-ibu di desa yang produktif dengan uang yang digulirkan hingga Rp 2,4 miliar.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved