Breaking News:

Rugikan Negara Rp 3,5 M, Jaksa Kejati Jabar Sita Aset Tersangka Korupsi KMKK

Ada perbuatan melawan hukum yang merugikan negara dalam proses pemberian (KMKK) pada 2016 sehingga merugikan negara Rp 3,5 miliar.

twitter.com
Ilustrasi: Kejati Jabar- Sejumlah aset disita penyidik Kejati Jabar dari Agus Setiawan alias Kenji dan Ir Priyo Susilo, tersangka tindak pidana korupsi pemberian kredit modal kerja konstruksi (KMKK) dari bank pemerintah kepada CV. Masa Jembar. 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Sejumlah aset disita penyidik Kejati Jabar dari Agus Setiawan alias Kenji dan Ir Priyo Susilo, tersangka tindak pidana korupsi pemberian kredit modal kerja konstruksi (KMKK) dari bank pemerintah kepada CV. Masa Jembar.

"Aset yang disita berupa benda tidak bergerak di Kota Bandung dan Kabupaten Bekasi," ujar  Asep Saeful, jaksa penyidik pada Kejati Jabar, Minggu (16/1/2021).

Baca juga: Suami Kepergok Beduaan dengan Perempuan Lain, Digrebek, Polisi Juga Temukan Hal Lain di Kos-kosan

Ia mengatakan, penyitaan berdasarkan Surat Perintah Penyitaan Kepala Kejati Jabar Nomor Print-641/M.2/Fd.1/08/2019 tanggal 27 Agustus 2019 dan Penetapan Ijin Penyitaan Barang Bukti PN. Klas I A Khusus Bandung Nomor : 44/Pen.Pid.Sus/TPK/ 2020/PN.Bdg tanggal 26 November 2020.

"Dalam kasus ini, ada perbuatan melawan hukum yang merugikan negara dalam proses pemberian (KMKK) pada 2016 yang dilakukan tersangka sehingga merugikan negara Rp 3,5 miliar. Perkaranya masih dalam penyidikan," ucap dia.

Baca juga: Tarif Tol Baru 2021 Jakarta-Bandung, Sudah Berlaku, Berikut Daftar Tarif Tol Terbaru

Adapun tanah dan bangunan yang disita yakni sebidang tanah dan bangunan seluas 438 meter persegi di Kelurahan Babakan Sari Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung.

Lalu, sebidang tanah dan bangunan seluas 88 meter persegi di Kelurahan Durenjaya Kecamatan Bekasi Timur Kabupaten Bekasi.

Baca juga: Hari Ke-10, Longsor di Cimanggung, 8 Orang Belum Ditemukan, Tim SAR Lakukan Langkah Ini

Serta sebidang tanah dan bangunan seluas 100 meter persegi di Desa Jatirasa Kecamatan Jatiasih Kabupaten Bekasi.

"Selain tanah dan bangunan, penyidik Kejati Jabae pada 30 Desember menyita uang Rp 445 juta dari tersangka yang disetor ke Rekening atas nama : RPL 095 PDT Kejati  Jawa Barat  UTK PDT Perkara Pidsus No. Rekening. 033701001568309 di Bank BRI," ujarnya. 

Baca juga: Suster Mia Meninggal Setelah Selamatkan Bayi saat Gempa Majene, Terjebak di Reruntuhan RS Mitra

Proses penyitaan ini merupakan bagian dari proses penyidikan sebelum akhirnya akan disidangkan di Pengadilan Negeri Klas IA Khusus Bandung. Pada 2016, CV Masa Jembar mengajukan KMMK pada bank pemerintah daerah senilai Rp 5 miliar. 

Pencairan dilakukan dengan dua tahap. Namun, pada prosesnya, tersangka menggunakan data fiktif.

"Penyitaan merupakan pemulihan aset terkait penanganan penyidikan perkara korupi," ucap Asep.

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved