Breaking News:

Tingkatkan Hasil Produksi Pertanian, Pemkab Purwakarta Bangun 5 Daerah Irigasi Baru

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan pemkab membangun sebanyak lima saluran irigasi baru salah satunya di Desa Kembang Kuning, Jatiluhur

Tribun Jabar/ Muhamad Nandri Prilatama
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika meninjau irigasi yang dibangun 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten Purwakarta dalam upaya meningkatkan produktivitas di sektor pertanian berkonsentrasi pada pembangunan saluran irigasi sebagaimana tercantum dalam visi misi bupati.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan pemkab membangun sebanyak lima saluran irigasi baru salah satunya di Desa Kembang Kuning, Jatiluhur guna meningkatkan hasil produksi pertanian yang misal awalnya hanya dua kali panen bisa menjadi tiga kali panen.

"Kami akan tingkatkan semaksimal mungkin agar produksi pertanian dapat meningkat yang tentunya akan berdampak pada ketahanan pangan di Purwakarta," kata Anne, Minggu (17/1/2021).

Lima saluran irigasi ini dibangun pada 2020 dan rampung di 2021. Ke depannya, pemkab akan membangun kembali lima saluran irigasi baru di lima kecamatan dan akan meningkatkan 40 titik saluran irigasi yang sudah ada sebagai bagian dari pemeliharaan saluran irigasi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Pengairan (DPUBMP) Purwakarta, Ryan Oktavia menambahkan pihaknya telah mengoptimalkan anggaran untuk penataan infrastruktur khususnya peningkatan saluran irigasi untuk area persawahan.

Saat ini, ada sebanyak 64 daerah irigasi di Purwakarta.

Baca juga: Tiga Lowongan Kerja Super Indo untuk Lulusan SMA dan SMK, Simak Kriterianya

"Jumlah itu terdiri dari irigasi tersier yang panjangnya 91.675 meter dan irigasi sekunder panjang 38.258 meter. Total DI ini bisa mengairi lahan seluas 7.270 hektare sawah," ujarnya.

Tak hanya itu, kata Ryan, DPUBMP bakal membangun tiga mercu bendung dari 8 DI yang ditingkatkan agar aliran air lebih terarah.

Baca juga: Jadi Korban Pengeroyokan, Tahanan Titipan di Lapas Kelas II B Indramayu Ditemukan Tewas di Selnya

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved