Breaking News:

Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi Baru Lahir, Purwakarta Kini Miliki Poned, Apa Itu?

Dia berharap upaya ini bisa meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat serta mampu menangani kasus gawat darurat obstrectic dan neonatal

Tribun Jabar/ Muhamad Nandri Prilatama
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika resmikan Poned (pelayanan obstrectic neonatal emergensi dasar) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten Purwakarta berupaya menekan angka kematian ibu dan bayi yang baru lahir dengan meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan, seperti membangun fasilitas pelayanan obstrectic neonatal emergensi dasar (Poned) di fasilitas-fasilitas kesehatan yang tersedia. Purwakarta kini telah miliki 12 Poned.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan Kamis lalu pihaknya sudah meresmikan gedung pelayanan Poned Puskesmas Jatiluhur.

Menurutnya, pelayanan ini dilakukan di puskesmas induk dengan pengawasan dokter, juga menerima rujukan dari tenaga dan fasilitas kesehatan tingkat desa atau masyarakat yang ingin merujuk ke rumah sakit.

Baca juga: 29 Orang Meninggal, Hari Ini Tim SAR Gabungan Cari 11 Korban Longsor Cimanggung, Ini Nama-namanya

"Puskesmas ini akan layani pasien rawat inap penanganan kegawatdaruratan yang siaga 24 jam," katanya, Minggu (17/1/2021).

Dia berharap upaya ini bisa meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat serta mampu menangani kasus gawat darurat obstrectic dan neonatal di Purwakarta.

Kepala Dinas Kesehatan Purwakarta, Deni Darmawan menambahkan pembangunan Poned ini sebagai upaya menekan angka kematian ibu dan bayi, sekaligus mendukung program pemerintah pusat.

Baca juga: Pengelola Minta Jam Operasional Mal di Bandung Disamakan dengan Kafe, Tutup Pukul 20:00

"Dahulu kan ada yang namanya MDGs (millenium development goals). Nah, sekarang SDGs (sustainable development goals). Jadi, program ini tujuannya untuk membentuk manusia memiliki kemampuan dan kemampuan ini dimulai pada sesuatu yang dasar, seperti memberi tambah darah pada bu hamil," ucapnya. 

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved