Breaking News:

Jembatan Peninggalan Belanda Abad 19 Runtuh, Luapan Air Ancam Pemukiman, Pasokan Air Bersih Terputus

Runtuhnya jembatan tua peninggalan zaman penjajahan Belanda  abad ke 19 ini membuat  dua saluran pipa air bersih milik PDAM Tirta Galuh Ciamis patah

Penulis: Andri M Dani | Editor: Siti Fatimah
istimewa
Pasokan air bersih untuk ratusan pelanggan PDAM Tirta Galuh Ciamis sempat terhenti selama 12 jam menyusul runtuhnya jembatan  Nagawiru di Lingkungan Babakan Rt 03 RW 05 Kelurahan Sindangrasa Ciamis saat hujan lebat mengguyur Rabu (13/1) sore. 

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Pasokan air bersih untuk ratusan pelanggan PDAM Tirta Galuh Ciamis sempat terhenti selama 12 jam menyusul runtuhnya jembatan  Nagawiru di Lingkungan Babakan Rt 03 RW 05 Kelurahan Sindangrasa Ciamis saat hujan lebat mengguyur Rabu (13/1) sore.

Runtuhnya jembatan tua peninggalan zaman penjajahan Belanda  abad ke 19 tersebut membuat  dua saluran pipa air bersih milik PDAM Tirta Galuh Ciamis patah, putus  terbawa luapan saluran irigasi Selokan Nagawiru.

“Setelah diperbaiki oleh petugas sejak sore kemarin sampai dini hari tadi, pasokan air bersih untuk sekitar 565 pelanggan mulai mengalir tadi subuh jam 04.00. Layanan sempat terhenti selama 12 jam,” ujar Direktur PDAM Tirta Galuh Ciamis, H Cece Hidayat kepada Tribun Kamis (14/1).

Baca juga: Dilanda Banjir, Warga Pangandaran Manfaatkan Dataran Tinggi untuk Tempat Memasak dan Tidur

Jembatan tua yang berlokasi di Lingkungan Babakan Rt 03 RW 05 Kelurahan Sindangrasa Ciamis yang menghubungkan Lingkungan Babakan dan Lingkungan Margayasa Kelurahan Sindangrasa tersebut mulai ambles pukul 15.00 Rabu (13/1) sore saat hujan lebat mengguyur.

Saat hujan lebat badan jembatan yang melintas di atas selokan irigasi Nagawiru tersebut terus menerus tergerus, dan putus total sekitar jam 17.00 sore.

Runtuhnya jembatan tua  tersebut membuat sejumlah kolam penduduk tergenang luapan selokan Nagawiru dan mengancam pemukiman warga.

Baca juga: Diguyur Hujan, Sungai Citanduy Meluap, Puluhan Rumah di Pangandaran Terendam Banjir

Dua pipa air bersih PDAM Tirta Galuh Ciamis putus terbawa hanyut jembatan runtuh.

Sementara pipa air baku 20 inci yang memasok air baku dari Sungai Cileueur untuk instalasi penjernihan Sindangrasa yang juga berada di dekat jembatan yang runtuh tersebut malah selamat.

Dua pipa air bersih yang  patah  tersebut menurut Cece  merupakan pipa yang menyalurkan air bersih dari Gunung Cupu Sindangkasih untuk wilayah layanan Bojonghuni sekitarnya.  

Baca juga: VIDEO-Tiga Maling di Cimahi Gondol Dua Motor saat Subuh, Cerita Rosi Raib Bareng di Teras Kos

Masing-masing pipa 2 inci yang memasok air bersih untuk 170 pelanggan di Lingkungan Babakan dan 70 pelanggan di Lingkungan Margayasa Sindangrasa.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved