Breaking News:

Penanganan Virus Corona

21 Pejabat Publik di Pemprov Jabar akan Ikut Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama di RSHS Bandung Besok

dr. Zulvayanti mengatakan, pelaksanaan vaksinasi di RSHS Bandung akan diikuti oleh kurang lebih 21 tokoh dan pejabat publik

Tribun Jabar/ Cipta Permana
Tangkapan layar video rekaman pernyataan Koordinator Pelayanan Medik RSHS Bandung, dr. Zulvayanti terkait kesiapan RSHS Bandung dalam menggelar vaksinasi covid-19 tahap pertama yang akan diikuti kurang lebih 21 pejabat publik Pemprov Jabar dan berbagai unsur masyarakat lainnya, Rabu (13/1/2021) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung nyatakan kesiapannya untuk menggelar pelaksanaan vaksinasi covid-19 tahap pertama yang akan dimulai besok, Kamis (14/1/2021).

Koordinator Pelayanan Medik RSHS Bandung, dr. Zulvayanti mengatakan, pelaksanaan vaksinasi di RSHS Bandung akan diikuti oleh kurang lebih 21 tokoh dan pejabat publik di Pemerintah Provinsi Jawa Barat diantaranya, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Kapolda Jabar, Irjen Pol Ahmad Dofiri.

Serta tokoh masyarakat dari unsur keagamaan, seperti PBNU, PP Muhammadiyah, Persis, Keuskupan, termasuk dari organisasi profesi yakni IDI, IBI, PPNI.

Zulvayanti menjelaskan, untuk tahapan kegiatan vaksinasi di RSHS, sebelum dilakukan penyuntikan, para calon penerima vaksin, akan terlebih dahulu menjalani serangkaian proses pemeriksaan, untuk mengetahui kondisi kesehatan masing-masing oleh tim tenaga kesehatan RSHS Bandung. Setelah dinyatakan sehat, maka vaksinasi pun segera dilakukan.

"Setelah dilakukannya vaksinasi, para penerima vaksin akan diobservasi selama kurang lebih 30 menit. Jika tidak terjadi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), yang bersangkutan akan diberikan kartu sebagai tanda bahwa mereka telah menerima vaksin," ujar Zulvayanti kepada awak media melalui tayangan video rekaman, Rabu (13/1/2021).

Baca juga: Ada Karyawan Positif Covid, Satgas Cigasong Majalengka Minta Semua Karyawan UD Putra TS Tes Swab

Dalam pelaksanaan vaksinasi nanti, lanjutnya, RSHS telah akan menyiapkan beberapa tim, yang terdiri dari tim administrasi yang bertugas melakukan pendaftaran, pencatatan, dan pelaporan; kemudian, tim medis yang bertugas melakukan screening, pemberi vaksin atau vaksinator, dan tim observasi kesehatan pasca vaksinasi. Serta tim medis yang siap sedia jika terjadi kejadian atau efek samping kondisi paaien dari pemberian vaksin.

Mudah-mudahan kegiatan ini (vaksinasi) besok dapat berjalan baik, sehingga akan menjadi momen dari mulai dilaksanakannya vaksinasi Covid-19," katanya.

Pemerintah lewat Satgas Covid-19 saat ini terus menggencarkan kampanye penyuluhan 3M (Memakai masker, rajin mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak).

Kampanye 3M ini terus menerus disosialisasikan supaya masyarakat tidak lupa bahwa penyebaran Covid-19 banyak datang dari pergerakan manusia. Makanya, pelaksanaan 3M harus dijalankan secara ketat.

Tribunjabar.id, grup Tribunnews.com, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M ( wajib memakai masker, wajib rajin mencuci tangan, dan wajib selalu menjaga jarak ).

Bersama-kita lawan virus corona.

Baca juga: Demi Mendapat Dana untuk Membeli Kylian Mbappe, Real Madrid akan Jual 6 Pemainnya, Termasuk Bale

Baca juga: Uu Ruzhanul Bercanda, Akan Ditemani Ridwan Kamil Biar Nggak Nangis saat Disuntik Vaksin Covid-19

Penulis: Cipta Permana
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved