Breaking News:

Vaksinasi Dimulai Besok, Masih Penasaran Soal Cara Kerja Vaksin Covid-19 , Berikut Penjelasannya

Vaksinasi di Indonesia dimulai Rabu 13 Januari 2021 dan pelaksanaan serentak di sejumlah daerah apad 14 Januari 2021

AFP PHOTO/CENTERS FOR DISEASE CONTROL AND PREVENTION/ALISSA ECKERT/HANDOUT
Ilustrasi Covid-19- Vaksinasi di Indonesia dimulai Rabu 13 Januari 2021 dan pelaksanaan serentak di sejumlah daerah apad 14 Januari 2021 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Akhirnya setelah cukup lama, Indonesia akan memulai pelaksanaan vaksinasi mulai Rabu 13 Januari 2021 dan Presiden Joko Widodo akan menjadi orang pertama yang divaksinasin pada pelaksanaan vaksinasi tahap pertama ini.

Sedangkan vaksinasi serentak disejumlah daerah akan dilaksanakan pada Kamis 14 Januari 2021.

Pelaksanaan vaksinasi ini diharapkan dapat menekan penyebaran Covid-19 meski ditengah gencarnya pemerintah menginformasikan soal vaksin Covid-19 masih ada sejumlah pro kontra.

Baca juga: Jepang Temukan Varian Baru Virus Corona, Dari Pelancong Asal Barzil, WHO Peringatkan Bahaya Ini

Walau sudah banyak yang tahu tentang vaksin Covid-19, namun untuk mengingat kembali seputar vaksin ini, berikut informasi terkait vaksin Covid-19.

Untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai vaksinasi dan vaksin virus corona Covid-19,  Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Vaksinolog Dirga Sakti Rambe menjelaskannya lewat video yang diunggah di akun Youtube Kementerian Kesehatan pada Selasa 12 Januari 2020.

Apa fungsi vaksin dan bagaimana cara kerjanya?

Vaksin membuat tubuh kebal terhadap satu penyakit. Orang yang divaksinasi memiliki kekebalan tanpa sakit terlebih dahulu. Sedangkan orang yang tanpa vaksinasi harus sakit dahulu baru kebal.

Bagaimana cara kerja vaksin?

Saat vaksin di suntikkan kepada tubuh maka tubuh akan mengenali komponen atau virus. Kemudian tubuh merespon dengan membentuk antibodi sebagai pasukan kekebalan untuk melawan virus tersebut.

Dengan demikian setelah vaksinasi, maka tubuh di masa mendatang  sudah memiliki kekebalan. 

Halaman
1234
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved