Breaking News:

Virus Corona

Vaksinasi Covid-19 Baru Tuntas 15 Bulan, Tetap Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

Penyelesaian vaksinasi Covid-19 di Indonesia akan berlangsung lebih cepat dari proyeksi penyelesaian vaksinasi untuk seluruh dunia.

istimewa
Suntik Massal Vaksin Covid-19 Tak Cukup di Puskesmas, Disiapkan GOR hingga Gedung Serba Guna 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tirmidzi, mengatakan penyelesaian vaksinasi Covid-19 di Indonesia akan berlangsung lebih cepat dari proyeksi penyelesaian vaksinasi untuk seluruh dunia, yang diperkirakan akan berlangsung hingga 3,5 tahun.

Penyelesaian vaksinasi di Indonesia, menurut Siti, ditargetkan akan selesai dalam 15 bulan, dan dilakukan bertahap dalam dua periode. Periode pertama akan dilakukan mulai bulan Januari hingga April 2021 dan akan diprioritaskan kepada 1,3 juta tenaga kesehatan dan 17,4 juta petugas publik yang ada di 34 provinsi.

Adapun periode kedua akan dilakukan selama 11 bulan, dan akan dimulai pada April 2021 hingga Maret 2022 yang akan menjangkau jumlah masyarakat sisa dari periode pertama.

“Kami berikan apresiasi kepada tenaga kesehatan dan petugas publik dengan memprioritaskan mereka untuk menjadi kelompok pertama yang akan menerima vaksin bersama pemerintah,” kata Siti dalam konferensi pers yang dilakukan secara daring, Minggu (3/1/2021), sebagaimana dikutip Tribunnetwork.

Selama masa vaksinasi, ingat Siti, semua pihak diminta terus disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

SEbab, penerapan protokol 3M serta langkah pemerintah melakukan 3T (tracing, testing, dan treatment), ujarnya, merupakan upaya lengkap yang tidak dapat dipisahkan dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

"Jangan lupa terapkan 3M dan hindari kerumunan lebih baik kita mencegah daripada kita jatuh sakit," katanya. (*)

Penulis: Arief Permadi
Editor: Arief Permadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved