Breaking News:

Misteri Petilasan Mbah Tiga Saudara, Tiga Abad Berada di Gang Keramat Cimahi, Banyak Diziarahi Warga

Banyak ragam versi kisah yang didengar olehnya. Semisal, dahulu kala tiga bersaudara itu adalah panglima dari Cirebon atau Pajajaran.

Penulis: Ery Chandra | Editor: Hermawan Aksan
Tribun Jabar
Lokasi petilasan tua yang dianggap keramat, Mbah Tiga Bersaudara, di Gang Keramat, Jalan Sadarmanah, Kota Cimahi, Minggu (3/1/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Area makam wakaf Astana Gede yang berada di kawasan Gang Keramat, Jalan Sadarmanah, Kota Cimahi, terasa hening, pada siang hari.

Selain deretan kuburan, angin sepoi berembus dari balik pepohonan rindang dan suara jangkrik. Hanya seorang penjaga makam tengah berbenah. Mulai dari mencabut rerumputan liar, memungut sampah, hingga mengecek beberapa titik dari asap pembakaran.

Petugas makam yang karib disapa Abah Daryana (65) itu menunjukkan kepada Tribun Jabar lokasi petilasan yang dianggap keramat oleh masyarakat setempat. Tiga kubur yang bertanda bintang secara kasat mata terlihat
dalam bangunan yang tengah proses pengerjaan.

Baca juga: INGAT Satu Jam Lagi, Link Live Streaming Inter Milan Vs Crotone, Kick-off 18.30 WIB

Baca juga: Benevento vs AC Milan, Filippo Inzaghi: Ini Seperti Pertandingan Melawan Adik Saya di Lazio

"Ini Mbah Langlang Buana, Mbah Muyuk, dan Mbah Alit berjejer. Semuanya saja ada tanda bintang. Nama dan tahun lahir enggak ada. Mungkin sudah ada ratusan tahun," ujar Abah Daryana kepada Tribun, di lokasi, Kota Cimahi, Minggu (3/1/2021).

Menurut dia, sejak 1976 menghuni wilayah tersebut makam tiga bersaudara itu hanya nama panggilan dari warga setempat.

"Nama aslinya saya belum tahu. Tapi, biasanya banyak yang ziarah ke sini. Bahkan selain dari Cimahi dan Bandung," katanya.

Seorang warga setempat, Dadan Suherlan (50), menyampaikan, dari cerita lisan orang tuanya dahulu tak ada satu orang pun yang mengetahui secara detail awal mula petilasan tersebut.

"Saya kira tak ada yang tahu sampai saat ini. Itu hanya sebutan dari orang tua dulu ada makam karuhun," ujarnya.

Namun, banyak ragam versi kisah yang didengar olehnya. Semisal, dahulu kala tiga bersaudara itu adalah panglima dari Cirebon atau Pajajaran.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved