Breaking News:

Virus Corona

Demam dan Tak Enak Badan? Tenang, Belum Tentu Covid-19

ak perlu panik saat mengalami demam atau merasa tidak enak badan yang disertai peningkatan suhu tubuh. Belum tentu gejala Covid-19

Tribun Cirebon/ Ahmad Imam Baehaqi
Seorang wartawan saat menjalani swab test di Dinkes Kabupaten Cirebon, Jalan Sunan Muria, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Kamis (3/12/2020). 

TRIBUNJABAR.ID - Tak perlu panik saat mengalami demam atau merasa tidak enak badan yang disertai peningkatan suhu tubuh. Belum tentu itu gejala paparan virus corona. Bisa jadi hanya gejala flu biasa, kelelahan, atau sekadar kurang tidur.

Melalui aplikasi Prixa, yang bisa diakses dengan mudah dan tak berbayar di situs Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Pemerintah Provinsi Jawa Bara atau Pikobar , warga dapat mengecek kondisi kesehatannya secara mandiri sebelum memutuskan untuk memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) terdekat.

Melalui Prixa warga bisa memeriksa dirinya sambil beristirahat di rumah. Dengan menggunakan Prixa, warga bisa mengetahui apakah dia cukup beristirahat saja sambil memantau kondisi tubuh selama beberapa hari ke depan atau memang perlu berkonsultasi dengan dokter.

Dengan demikian, petugas layanan kesehatan dapat fokus mengalokasikan waktu untuk orang-orang yang benar-benar membutuhkan penanganan langsung.

Namun, pemeriksakan diri segera ke fasyankes terdekat jika demam tidak kunjung membaik setelah tujuh hari. Periksakan pula diri jika demam diperparah dengan keluhan lain seperti batuk, pilek, nyeri tenggorokan, ataupun gangguan pernapasan.

Namun, yang juga sangat penting, tetap jalankan protokol kesehatan dengan disiplin, seperti mengenakan masker saat berinteraksi dengan orang lain, rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Meski bergejala mirip dengan flu biasa, fatalitas Covid sejauh ini jauh lebih tinggi. Virus ini juga menyebar dengan sangat cepat karena bisa pindah dari orang ke orang bahkan sebelum orang tersebut menunjukkan gejala. (*)

Catatan Redaksi:

Bersama-kita lawan virus corona.
Tribunjabar.co.id (Tribunnetwork) mengajak seluruh pembaca untuk selalu
menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.
Ingat pesan ibu, 3M (memakai masker, rajin mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak).

Penulis: Arief Permadi
Editor: Arief Permadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved