Breaking News:

UMKM Salah Satu Sektor Terdampak Pandemi, Jasa Tirta II Berikan Bantuan Modal untuk Mitra Binaannya

Pelaku usaha mikro kecil menengah ( UMKM) menjadi paling terdampak dalam situasi pandemi Covid-19 lantaran usahanya tak berjalan secara maksimal.

Tribun Jabar/ Muhamad Nandri Prilatama
Perum Jasa Tirta II memberikan bantuan modal untuk 39 UMKM mitra binaannya berupa tambahan modal Rp 600 juta. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Pelaku usaha mikro kecil menengah ( UMKM) menjadi paling terdampak dalam situasi pandemi Covid-19 lantaran usahanya tak berjalan secara maksimal.

Perum Jasa Tirta II pun kemudian tergerak untuk memberikan bantuan modal ke para UMKM mitra binaan dengan tambahan modal Rp 600 juta untuk 39 UMKM

Pelaku UMKM yang jumlahnya 39 orang ini berasal dari Purwakarta dan Karawang. Jasa Tirta II sengaja memberikan tambahan modal agar para pelaku UMKM bisa terus menjalankan usahanya di tengah pandemi. Direktur Keuangan dan SDM Jasa Tirta II, Haris Zulkarnain mengatakan bantuan yang diberikan sebagai langkah nyata pihaknya dalam membantu pemerintah memulihkan perekonomian dengan membantu pelaku UMKM agar bertahan lewat program pembiayaan UMKM.

"Kami telah beri bantuan tahap kedua pada 2020 Rp 600 juta ke pelaku UMKM di sektor perdagangan, jasa, perikanan, peternakan, dan industri. Besaran bantuan ini disesuaikan dengan masing-masing jenis usaha sehingga tak bebankan pelaku usaha itu sendiri," ujar Haris di Hotel Harper, Purwakarta, Rabu (30/12/2020).

Baca juga: Jelang Tahun Baru, 908 Lampion di Sejumlah Jalan di Purwakarta Diganti, Habiskan Rp 100 Juta

Baca juga: Kantor Imigrasi Catat Ada 483 TKA di Wilayah III Cirebon

Tak hanya itu, Haris juga mengatakan Jasa Tirta II memberi pelatihan terhadap para mitra binaan. Sebanyak 22 mitra binaan baru dibekali ilmu pengetahuan terkait usaha kecil untuk mengembangkan usahanya agar lebih maju.

"Pelaku UMKM dibekali modal pinjaman dan pengetahuan untuk mempertahankan usahanya, mengembalikan kredit dengan baik dan lancar, agar bisa bergilir kembali ke pelaku UMKM lainnya yang belum mendapatkan kesempatan," ujarnya. (*)

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved