Breaking News:

Virus Corona

Tes Covid-19 Cuma Rp 25 Ribu, Akurat, Cuma Butuh 3 Menit Melalui Embusan Napas

Tes Covid yang biasanya bisa memakan waktu berhari-hari untuk mendapatkan hasil, bisa dipangkas hingga tiga menit saja. Murah, cuma Rp 15 ribu.

ISTIMEWA
GeNose 

TRIBUNJABAR.ID - Kabar gembira di tengah keningkatan kasus positif Covid-19 yang masih terus terjadi setiap hari. Tes Covid yang biasanya bisa memakan waktu berhari-hari untuk mendapatkan hasil, bisa dipangkas hingga tiga menit saja. Biayanya juga tak mahal, antara Rp 15 ribu-Rp 25 ribu sekali tes, bahkan masih dimungkinkan lebih murah lagi.

Bisa dipangkasnya waktu tes Covid dari berhari-hari hingga tiga menitan saja ini bisa dilakukan menyusul dikantonginya izin edar GeNose, alat tes Covid-19 hasil inovasi Universitas Gadjah Mada (UGM), dari Kementerian Kesehatan sejak Kamis (24/12). Berbeda dengan tes PCR, GeNose mendeteksi Covid-19 dengan menggunakan embusan napas.

Ketua Tim Pengembang GeNose, Kuwat Triyana, seperti dikutip dari situs resmi UGM, Senin (28/12/2020), mengklaim selain cepat dan murah, hasil uji GeNose C19 juga terbilang akurat.

Keberadaan GeNose, menurut Kuwat, juga memungkinkan Indonesia menjadi negara yang melakukan tes Covid paling banyak di dunia setiap harinya. Setiap alat diperkirakan mampu mengetes paling tidak 20 orang setiap jamnya. Jika, katakanlah, GeNose ini bekerja efektif selama enam jam setiap harinya, maka setiap GeNose mampu mengetes 120 orang setiap harinya.

Untuk tahap pertama, kata Kuwat, sudah ada 100 alat yang siap dioperasikan. Ia berharap, akhir Februari 2021 bisa tersedia 10 ribu GeNose yang siap dioperasikan sehingga 1,2 juta orang bisa menjalani pengetesan setiap harinya.

Rencananya GeNose akan dioperasikan di tempat yang penuh keramaian seperti bandara, stasiun kereta, dan termasuk di rumah sakit. Produksi massal GeNose yang pertama nanti, menurut Kuwat, akan didanai oleh BIN dan Kemenristek/BRIN. (*)

Penulis: Arief Permadi
Editor: Arief Permadi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved