Breaking News:

Pastikan Pengendara Mobil Listrik Nyaman, PLN Tambah 4 SPKLU di Ruas Tol Trans Jawa

Penambahan 4 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di ruas Tol Surabaya-Jakarta yang merupakan hasil kolaborasi antara PLN dan Jasa Marga.

Istimewa
Penambahan 4 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di ruas Tol Surabaya-Jakarta yang merupakan hasil kolaborasi antara PLN dan Jasa Marga. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - PLN demi memberikan rasa nyaman kepada pelanggan menambah 4 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum ( SPKLU) di ruas Tol Surabaya-Jakarta yang merupakan hasil kolaborasi antara PLN dan Jasa Marga.

Empat SPKLU yang diresmikan ialah SPKLU rest area KM 207 A Palikanci, SPKLU rest area 379 Batang, dan SPKLU rest area KM 519 A/B Sragen.

Penambahan SPKLU ini pun dalam rangka menyiapkan sarana pendukung untuk pengembangan kendaraan listrik berbasis baterai dan diresmikan secara langsung oleh Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril, Komisaris PLN, Eko Sulistyo, dan pejabat lainnya.

Baca juga: Untuk Ngecas Mobil Listrik, Ridwan Kamil Resmikan SPKLU di Gedung Sate Tanda Konversi BBM ke Listrik

Baca juga: Mobil Listrik Hadir di Cirebon, Sudah Ada Lima Orang yang Memesan, Ini Penampakan dan Harganya

"Fasilitas SPKLU di empat titik ini disediakan PLN untuk memberi rasa nyaman ke para pengguna mobil listrik dan mengakomodir kebutuhan pengisian baterai pada saat bepergian dari Jakarta ke Surabaya," kata Bob, Jumat (25/12/2020).

Peresmian SPKLU itu juga Bom menambahkan untuk mendukung implementasi Perpres nomor 55 tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) untuk transportasi jalan.

"Kami ingin berikan kenyamanan kepada warga pengguna kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dengan memastikan penyediaan infrastruktur kelistrikan melalui pembangunan stasiun pengisian kendaraan listrik umum," katanya.

Selain itu, KBLBB tujuannya guna meningkatkan ketahanan energi nasional dengan mengurangi ketergantungan impor BBM hingga 2025, sehingga PLN berencana membangun 2.400 SPKLU.

Adapun kendala yang dihadapi ialah keterbatasan jarak tempuh dan minimnya infrastruktur pengisian listrik, sehingga mayoritas mobil listrik hanya dipakai di dalam kota.

"Kami berharap adanya 4 SPKLU baru di jalan Tol Trans Jawa akan lebih memudahkan orang dalam bepergian dengan jarak jauh gunakan mobil listrik," katanya. (*)

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved