Breaking News:

Mau Mudik Lewat Tol Cipali? Yuk Baca Dahulu Tips dan Imbauan dari Astra Tol Cipali

Sebagian masyarakat dalam libur Natal dan Tahun Baru 2021 ada yang memanfaatkannya dengan melakukan pulang kampung alias mudik

Tribun Jabar/ Muhamad Nandri Prilatama
Situasi di gerbang Tol Cipali, Jumat (25/12/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Sebagian masyarakat dalam libur Natal dan Tahun Baru 2021 ada yang memanfaatkannya dengan melakukan pulang kampung alias mudik meskipun pemerintah maupun aparat kepolisian meminta warga untuk tetap di rumah dan merayakan Natal juga Tahun Baru di rumah. 

Namun, sebelum melakukan perjalanan hendaknya memastikan kendaraannya layak jalan serta kondisi pengendara dalam kondisi fit.

Bagi yang hendak melakukan perjalanan mudik melewati Tol Cipali, berikut ini imbauan dari Astra Tol Cipali dalam menyiapkan manajemen lalu lintas situasional dengan berkoordinasi bersama kepolisian melalui beberapa mekanisme. 

Baca juga: Indosiar Gelar Konser Para Juara Malam Ini, Mulai Pukul 20.00, Hadirkan Tamu dari D Academy dan LIDA

Baca juga: Kondisi Tol Cipali Hari Ini, Lalu Lintas Lebih Lengang dari Kemarin, Ada 19.372 Kendaraan Melintas

Pertama ialah pemasangan median water barrier dan rubber cone di lokasi depan tempat istirahat dan pelayanan atau rest area dengan tujuan mencegah kendaraan parkir di bahu jalan sepanjang tempat istirahat yang dapat mengakibatkan kemacetan di jalur.

Kedua, kapasitas kendaraan di tempat istirahat hanya 50 persen dan diberlakukan protokol kesehatan.

Ketiga, diberlakukan buka tutup rest area apabila pengunjung sudah melebihi kapasitas dan terjadi kemacetan pada akses masuk rest area.

"Pengguna jalan disarankan untuk beristirahat di rest area berikutnya atau keluar di gerbang tol terdekat untuk beristirahat atau mengisi BBM dan selanjutnya masuk kembali ke jalan Tol Cipali dengan tarif yang sama," ujar General Manager Operation Astra Tol Cipali, Suyitno, Jumat (25/12/2020). 

Tak kalah penting, Suyitno pun berpesan kepada pengguna jalan untuk selalu menjaga kondisi kesehatan dan kendaraannya dengan memenuhi batas kecepatan sesuai ketentuan minimal 60 dan maksimal 100 kilometer per jam.

"Saat kondisi hujan kecepatan maksimal 70 kilometer per jam. Periksakan tekanan ban anda sebelum melakukan perjalanan. Kami imbau juga untuk mengecek dan mengisi saldo uang elektronik sebelum memasuki ruas tol agar tak terjadi kurang saldo saat bertransaksi di gardu," katanya.

Astra Tol Cipali menyediakan delapan rest area dengan fasilitas yang nyaman dan aman sesuai dengan protokol kesehatan.

Sepanjang Tol Cipali, Astra Tol Cipali memberlakukan beberapa peraturan baru demi menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, seperti berlakukan jarak di tenant rest area, berlakukan physical distancing di ruang ibadah di seluruh rest area, dan menganjurkan untuk tak makan di tempat atau take away.

"Kami siapkan toilet shower air panas bagi pengemudi yang berada di rest area KM 86 dan KM 130 arah Cikopo dan Palimanan," ujarnya. (*)

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved