Breaking News:

Situ Wanayasa Kini Miliki Tempat Nongkrong Pagi dan Sore Hari, Habiskan Anggaran Rp 100 Juta

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika bersama pejabat Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan

tribunjabar/nandri prilatama
Situ Wanayasa Kini Miliki Tempat Nongkrong Pagi dan Sore Hari, Habiskan Anggaran Rp 100 Juta 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika bersama pejabat Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta meresmikan bangunan untuk spot swafoto seperti saung berbentuk kerucut atau segitiga di pinggir Situ Wanayasa, Kecamatan Wanayasa, Kamis (24/12/2020).

Sekretaris Disporaparbud Purwakarta, Heri Anwar mengatakan bangunan yang diresmikan itu merupakan salahsatu venue taman rekreasi sekaligus untuk berfoto.

Penempatan lokasi di Situ Wanayasa lantaran Situ Wanayasa menjadi wisata kebanggaan warga Purwakarta khususnya warga Wanayasa yang memang menjadi ikon Wanayasa. 

"Dibangunnya itu sejak September 2020. Semuanya ada 11 unit. Tempat itu diperuntukan untuk tempat santai menikmati suasana pinggir situ saat senja atau pagi hari," katanya.

Baca juga: Remisi Natal, Dua Narapidana di Lapas Subang dan Cikarang Bebas Murni

Festival Sate Maranggi Purwakarta Kembali Digelar di Tengah Pandemi Covid-19
Festival Sate Maranggi Purwakarta Kembali Digelar di Tengah Pandemi Covid-19 (tribunjabar/nandri prilatama)

Heri pun mengaku dalam pembangunan saung-saung tersebut menghabiskan anggaran dari APBD murni sebesar Rp 100 juta sekaligus untuk penataannya.

Kesempatan sama, Camat Wanayasa, Heryadi Erlan mengaku berterima kasih kepada Disporaparbud yang mau mempercantik Situ Wanayasa.

Dirinya pun sebagai orang nomor satu di Wanayasa siap untuk menjaganya baik kebersihan atau keamanannya. 

"Kami pemerintah Kecamatan Wanayasa dan Desa yang ada di Wanayasa bersama dinas-dinas terkait siap untuk menjaga dan memelihara kelangsungan Situ Wanayasa," ujarnya.

Adapun langkah-langkah yang telah dilaksanakan aparat kecamatan, Abah Dilan sapaannya mengaku telah memasang spanduk-spanduk imbauan atau larangan  di sekitar Situ Wanayasa, seperti larangan memancing, larangan membuang sampah sembarangan, hingga larangan membawa miras atau senjata tajam.

Baca juga: Dari Balik Penjara, Habib Rizieq Shihab Siap Hadapi Semua Kasus, Persilakan Semua Daerah Melapor

"Kami sudah lakukan peringatan-peringatan dalam bentuk spanduk dan hampir setiap malam kami ada piket untuk patroli bersama warga sekitar guna menjaga kondusivitas di Situ Wanayasa," katanya.

Kecamatan Wanayasa memang tak hanya miliki Situ Wanayasa sebagai objek wisatanya, melainkan di sana terdapat wisata alam lainnya, seperti Curug Cipurut, Bojong Honje, dan curug lainnya yang memang belum tereksplor oleh Disporaparbud dan pemerintahan desa.

"Mayoritas wisata di Wanayasa itu lebih ke alam karena memang Wanayasa selain terkenal kulinernya juga alamnya yang bisa dijual untuk mendatangkan wisatawan domestik maupun luar," ucapnya.

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved