VIDEO-Kasus Positif Terus Melonjak, Satgas Covid-19 Ciamis Siapkan 50 Peti Mati dan Pemakaman Khusus

Mengantisipasi meningkatnya jumlah pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia, Satgas Covid-19 Ciamis

Penulis: Andri M Dani | Editor: yudix

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Mengantisipasi meningkatnya jumlah pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia, Satgas Covid-19 Ciamis siapkan 50 peti mati .

Serta menyiapkan lahan pemakaman khusus Covid-19 di areal pemakaman umum yang dikelola Pemkab Ciamis di daerah Sukamulya-Alin Ayin Baregbeg Ciamis.

‘Peti mati tersebut sudah disiapkan di RSUD Ciamis. Ini hanya untuk mengantisipasi bila ada pasien (Covid) yang meninggal dunia. Mudah-mudahan tidak terpakai,” ujar Sekretaris Satgas Covid-19 Ciamis, yang juga Sekda Ciamis Dr H Tatang MPd kepada Tribun disela-sela peninjauan Pusat Isolasi Covid-19 Islamic Center (IC) Ciamis, Kamis (17/12/2020).



Selain itu juga sudah disediakan pemakaman khusus bagi pasien Covid-19 yang meninggal dunia tetapi ditolak untuk dimakamkan di kampung halamannya.

Baca juga: Bahar bin Smith Masih Mendekam di Penjara Tapi Siap Gantikan Rizieq Shihab untuk Ditahan

Pemakaman khusus pasien Covid-19 tersebut bagian dari pemakaman umum yang dikelola Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis seluas 5,2 hektare di daerah Sukamulya-Alin Ayin Jelat Baregbeg yang lokasinya jauh dari pemukiman warga.

Dalam sebulan terakhir angka kasus terkonfirmasi Covid-19 di Ciamis meningkat tajam. Rata-rata tiap hari ada 20 kasus baru Covid-19.

Total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 selama masa pandemi sampai Rabu (16/12) siang sudah menembus angka 773, diantaranya  32 orang meninggal dunia dan 453 orang terkonfirmasi positif aktif yang tersebar di 26 dari 27 kecamatan di Ciamis.

Dari 453 orang  terkonfirmasi positif Covid-19 per Kamis (17/12) tersebut 22 orang dirawat di ruang isolasi RSUD Ciamis dan 431 menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.



Seminggu terakhir ada 7 pasien Covid-19 di Ciamis yang meninggal dunia. Tiap hari nyaris ada pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang meninggal dunia.

Terakhir, Kamis (17/12) siang seorang probable Covid-19 usia remaja  meninggal dunia di sebuah rumah sakit swasta di Ciamis.

Meningkat tajamnya kasus terkonfirmasi, Pemkab Ciamis meningkatkan kapasitas ruang isolasi RSUD Ciamis, kapasitas pusat isolasi Covid-19 IC Ciamis dan penyediaan rumah isolasi di Kawali.

Menurut Kabid Yankes Dinkes Ciamis dr Hj Eni Rohaeni yang mendampingi kunjungan Sekda Ciamis Dr H Tatang MPd ke Pusat Isolasi Covid-19 IC Ciamis, Kamis (17/12) siang saat ini ruang 17 isolasi RSUD Ciamis diisi 23 pasien.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved