Breaking News:

KPU Kabupaten Sukabumi Belum Menerima Gugatan Sengkata Pilkada 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi mengaku belum menerima adanya laporan sengketa

Penulis: Fauzi Noviandi | Editor: Ichsan
Istimewa
Real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat di situs http://pilkada2020.kpu.go.id/ sudah masuk 100 persen. 

Laporan Kontributor Kota Sukabumi, Fauzi Noviandi

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi mengaku belum menerima adanya laporan sengketa gugatan Pemilihan Kepala Daerah (Pillada) 2020.

Komisioner KPU Kabupaten Sukabumi Divisi Hukum KPU Kabupaten Sukabumi, Hamdan Safari mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum menerima adanya laporan gugatan Pilkada 2020.

"Kami sampai sekarang belum menerima adanya laporan gugat terkait putusan rapat kemarin," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu, (20/12/2020).

Berdasarkan Peraturan Mahkamah Konstitusi lanjut dia nomor 5 tahun 2020 tentang Tata Beracara Dalam Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati, Walikota, paslon Bupati dan Wakil bupati yang tidak puas dengan hasil pada Pilkada ini dapat mengajukan gugatan ke MK dengan batas waktu tiga hari setelah Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara di tingkat Kabupaten ditetapkan dan diumumkan, Rabu (16/12/2020) pukul 22:35 WIB.

Baca juga: Soft Launching Pelabuhan Patimban Ditandai Ekspor Mobil ke Brunei Darussalam

"Kita tunggu sampai Senin. Jika samapai harib Seni pukul 22.35 WIB tidak ada permohonan, berarti Pilkada Kabupaten Sukabumi tidak ada gugatan," ucapnya.

Ia menjelaskan, Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang bisa diajukan ke MK diantaranyan adalah, hasil raihan suara, pelanggaran kampanye, dan pelanggaran bernagai tahapan lainnya.

"Kalau untuk selisih raihan suara Pilkada Kabulaten Sukabumi yang bisa diajukan ke MK ambang batasnya harus 0,5 persen," ucapnya.

Hamdan menambahkan, KPU Kabupaten Sukabumi sudah siap jika ada gugatan Pilkada yang diajukan ke MK. Pasalnya, pihaknya pun telah menyiapkan berbagai data dan arsip dari berbagai tahapan.

"Harapannya tidak ada gugatan. Kalau melihat sejarah, Pilkada Kabupaten Sukabumi selalunkondusi dan mudah-mudahan berlanjut di tahun ini," katanya.

Baca juga: Update Hasil Pilkada 2020 di Jabar versi KPU Hingga Malam Ini, Penghitungan Suara Sudah 100 Persen

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved