Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

Kemenangan Bobby Nasution di Pilkada Medan Digugat ke MK, Padahal Sebelumnya Akhyar Sudah Akui Kalah

Ketua Tim Pemenangan Akhyar-Salman, Ibrahim Tarigan menjelaskan pihaknya telah mengumpulkan bukti-bukti kecurangan saat Pilkada Kota Medan.

Editor: Seli Andina Miranti
TRIBUN MEDAN/RECHTIN
PASANGAN calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan Akhyar-Salman beserta tim menyampaikan hasil perhitungan internal di rumah pemenangan Akhyar-Salman Jalan Sudirman, Kota Medan, Kamis (9/12/2020). 

TRIBUNJABAR.ID - Calon Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Calon Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman dinyatakan unggul pada Pilkada Medan 2020.

Namun kemenangan menantu Presiden Jokowi tersebut mendapat gugatan dari paslon Akhyar Nasution dan Salman Alfarisi.

Lewat tim kuasa hukumnya, pasangan nomor urut 1 tersebut melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Dilansir dari Tribun-Medan.com, mereka menilai banyak kecurangan yang terjadi hingga membuat suara Bobby-Aulia melambung.

Ketua Tim Pemenangan Akhyar-Salman, Ibrahim Tarigan menjelaskan pihaknya telah mengumpulkan bukti-bukti kecurangan saat Pilkada Kota Medan.

Mulai dari pengelembungan suara, banyak warga yang tidak mendapat formulir C6, politik uang hingga adanya mobilisasi massa saat hari pencoblosan.

Pihaknya juga memiliki data terkait selisih suara antara pihaknya dengan pasangan Bobby-Aulia.

Bobby Nasution dan Aulia Rahman usai dapatkan rekomendasi dari PDIP pada Pilkada 2020
Bobby Nasution dan Aulia Rahman usai dapatkan rekomendasi dari PDIP pada Pilkada 2020 (Tribun-Medan.com/Maurits Pardosi)

“Kalau kita hitung-hitung itu kami pemenangnya. Selisihnya sekitar 50 ribuan sekian lah, jadi sebenarnya kami yang unggul. Kami punya dokumentasi yang lengkap,” ujar Ibrahim kepada wartawan, Sabtu (19/12/2020).

Dalam permohonan gugatan sengketa Pilkada yang diajukan ke MK, tim pemenangan Akhyar-Salman meminta hakim konstitusi membatalkan hasil rekapitulasi KPU Medan pada 15 Desember 2020.

Tim Akhyar-Salman juga meminta dilakukannya pemilihan suara ulang (PSU) di 15 kecamatan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved