Di Tengah Pandemi Covid-19, 10 Ribu Keluarga di Jabar Mengundurkan Diri Menjadi Penerima Bantuan

Dodo mengatakan, pandemi Covid-19 mempengaruhi jumlah graduasi tahun ini. Namun, pihaknya optimistis tahun depan kembali terjadi peningkatan

Tribun Jabar/ Muhamad Syarif Abdussalam
Sebanyak 10.160 Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) di Jawa Barat dinyatakan lulus menjadi keluarga mandiri pada 2020. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sebanyak 10.160 Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) di Jawa Barat dinyatakan lulus menjadi keluarga mandiri pada 2020. Setelah menjalani pembinaan, mereka pun berhasil memiliki usaha sendiri dan mengundurkan diri dari daftar keluarga penerima bantuan.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Dodo Suhendar, mengatakan, jumlah keluarga yang menjadi mandiri dan sejahtera tersebut bisa saja lebih banyak pada tahun ini. Namun, pandemi Covid-19 menghambat perekonomian para KPM-PKH di Jabar.

"Alhamdulillah yang graduasi mandiri sejahtera di Jabar di atas 10.000. Tahun depan diharapkan ada peningkatan," kata Dodo melalui ponsel, Minggu (20/12/2020).

Dodo mengatakan jumlah KPM-PKH di Jabar saat sebanyak 1,7 juta keluarga. Hal ini menjadi tantangan bagi pemerintah untuk meningkatkan perekonomian mereka.

Menurut Dodo, untuk meningkatkan jumlah graduasi mandiri sejahtera, diperlukan komitmen semua pihak dan kerja sama antara pihak. Mereka yang saat ini termasuk KPM-PKH diharapkan menjalani programnya tidak lebih dari lima tahun. Setelah lima tahun, mereka diharapkan bisa menjadi keluarga mandiri.

"Makanya kita siapkan strateginya agar mereka bisa keluar dari daftar PKH. Mereka terus dimotivasi pendamping, kemampuan mereka dikembangkan dan difasilitasi. Nantinya mereka sudah produktif, bisa jadi lokomotif mengajak KPM lain untuk mandiri," ujarnya.

Dodo mengatakan, pandemi Covid-19 mempengaruhi jumlah graduasi tahun ini. Namun, pihaknya optimistis tahun depan kembali terjadi peningkatan jumlah keluarga yang ikut graduasi mandiri sejahtera di Jabar.

Baca juga: Bak Penjahat di Film Laga, Usai Gasak Toko, Penjambret di Indramayu Ini Lalu Begal Motor saat Kabur

"Kita semangati di era pandemi harus bisa berkarya, tapi tetap kita harus disiplin protokol kesehatan diharapkan nanti ada kolaborasi dengan pihak-pihak lain sebagai strategi agar ke depan yang graduasi makin banyak," ujarnya.

Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat menggelar graduasi bertema PKH Gumbira 2020 di Kota Bandung, Sabtu (19/12/2020). Kegiatan ini digelar dengan harapan ke depannya elemen yang terkait di dalam program ini semakin berkolaborasi kuat. Pada kesempatan tersebut Dodo memotivasi para KPM dan Pendamping PKH, menyambut gembira dengan adanya acara PKH Gumbira.

"Kita berikan apresiasi bagi KPM yang sudah graduasi, yang berinisiatif mengundurkan diri dari keikutsertaannya sebagai penerima bantuan karena sudah mampu mandiri berwirausaha dalam memenuhi kebutuhan keluarga," ujarnya.

Dodo mengatakan kegiatan ini menjadi bentuk komitmen dari seluruh komponen yang terlibat baik pemerintah pusat, Provinsi Jawa Barat, pemerintah kabupaten dan kota, mitra perbankan, serta masyarakat yang peduli dalam pengurangan kemiskinan di Jawa Barat dan pihak lain yang turut mensukseskan program pengurangan angka kemiskinan di Jawa Barat.

Baca juga: Dituduh Tak Perhatian pada Bintang, Putri Delina Nasihati Teddy agar Bekerja dan Bertanggung Jawab

Asisten Pemerintahan, Hukum, dan Kesejahteraan Sosial, pada Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, Dewi Sartika, dalam kesempatan tersebut menyampaikan kegiatan graduasi merupakan energi besar yang dihasilkan oleh proses motivasi kolaborasi dalam mengentaskan kemiskinan di Jabar.

Melalui program ini, katanya, semakin banyak kanal atau saluran yang dibuka bagi masyarakat miskin untuk meningkatkan kesejahteraannya.

"Dengan adanya peluang baru, ide usaha baru, dan penguatan baru ini akan mencerahkan masyarakat penerima manfaat PKH untuk graduasi mandiri menuju Jabar produktif, mandiri, dan sejahtera," ujarnya.

Baca juga: 6 Lowongan Kerja Lulusan SMK: PT Indomarco Prismatama, Indomobil Logistics, dan Lainnya

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved