Breaking News:

Ciamis Tuan Rumah Porprov Jabar 2022, Pangandaran Kebagian 5 Venue

Setelah Kota Tasikmalaya batal jadi tuan rumah, akhirnya Kabupaten Ciamis dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaa

tribunjabar/andri m dani
Ketua Askab PSSI Ciamis, Heri Rafni Kotari didampingi Ketua KONI Ciamis H Yasmin Sambas dan Kadisbudpora Ciamis, Erwan Dermawan membuka Mubesta “Balad Galuh” di Aula Disdik Ciamis, Minggu (20/12) secara simbolis dengan memukul bedug 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Setelah Kota Tasikmalaya batal jadi tuan rumah, akhirnya Kabupaten Ciamis dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan Porprov XIV Jabar tahun 2022.

Di kota galendo tersebut tidak hanya digelar opening ceremony dan closing ceremony Porprov Jabar 2022 tersebut tetapi juga ada  9 venue. Meliputi sepak bola, atletik, soft tenis, balap sepeda BMX, Muathay, tenis meja, whusu, petanque dan panjat tebing.

“Sebagai tuan rumah Porprov Jabar 2022, di Ciamis tidak hanya diselenggaraan seremoni pembukaan dan penutupan. Tetapi di Ciamis juga diselanggarakan 9 cabang pertandingan. Termasuk cabor bergengsi, yakni sepak bola. Sepak bola adalah pertandingan pembuka dan juga pertandingan penutup. Jadi sangat butuh dukungan dari masyarakat Ciamis terutama dari para suporter,” ujar Ketua KONI Kabupaten Ciamis H Yasmin Sambas saat pembukaan Musyawarah Besar Tahunan (Mubesta) “Balad Galuh” (kumunitas suporter pendukung PSGC Ciamis) di Aula Disdik Ciamis, Minggu (20/12) siang.

Pada Mubesta “Balad Galuh” yang dihadiri juga Ketua Askab PSSI Ciamis, Heri Rafni Kotari, Kepala Disbudpora Ciamis Erwan Dermawan  dan Adi Bako, salah seorang pendiri “Balad Galuh” tersebut ada 4 calon yang bertarung jadi Panglima Balad Galuh.  Dian Gozin terpilih sebagai Ketua Umum (Panglima) Balad Galuh 2020-2023 dengan raihan 26 suara, mengalahkan Kuntrik (8 suara), Rio (4 suara) dan Krisna (4 suara).

Baca juga: RAMALAN BINTANG Senin 21 Desember 2020 Zodiak Karier: Aries Kerja Tanpa Kendala, Taurus Santai Aja

Menurut Ketua KONI Ciamis, H Yasmin Sambas kepada Tribun, 9 cabang pertandingan (venue) yang diselenggarakan di Ciamis tersebut meliputi sepak bola (Stadion Galuh Ciamis), atletik (Stadion Atletik Linggasari), balap sepada BMX (sirkuit BMX Cigembor), soft tenis (Lapangan Tenis Indoor dan outdoor Komplek Perkantoran Kertasari), muathay (GGT), wushu (Gedung Serba Guna IAID Darussalam),  tenis meja (GOR Unigal), panjat tebing (Taman Lokasana), dan lapangan petanque (Komplek Islamic Center).  

“Ciamis punya waktu 2 tahun untuk mempersiapkan diri. Tidak hanya sebagai tuan rumah opening ceremony dan clossing ceremony. Tetapi juga menjadi tuan rumah penyelenggaraan 9 cabang pertandingan (venue),” ujar Ketua KONI Ciamis H Yasmin Sambas kepada Tribun usai pembukaan Mubesta Balad Galuh di Aula Disdik Ciamis, Minggu (20/12) siang.

Baca juga: 20 Kata-kata Mutiara di Hari Ibu 22 Desember 2020, Pasang Pesan Menyentuh Hati Ini di Media Sosial

Pangandaran Kebagian 5 Venue 

Selain Kabupaten Ciamis, kabupaten/kota lainnya yang menjadi venue cabang pertandingan Porprov Jabar 2022menurut Yasmin diantaranya adalah Kabupaten Bandung Barat (24 venue), Kabupaten Subang (17 venue), Garut (renang), Kota Banjar sebagai penyangga.Serta di Pangandaran 5 cabor.

“Di Pangandaran ada 5 venue. Meliputi Cabor Berkuda, terjun payung, paralayang, renang bebas di laut dan selam di laut,” katanya.

Dengan keterbatasan jumlah hotel, penginapan dan wisma di Ciamis menurut Yasmin, diharapkan masyarakat sekitar lokasi pelaksanaan 9 pertandingan (venue) mempersiapkan diri menampung atlit dengan menyediakan sebagian kamar rumahnya untuk homestay. “Nanti sejumlah atlit dari berbagai daerah di Jabar akan berbaur dengan masyarakat sekitar venue,” ujar Yasmin.

Selain itu Pemkab Ciamis juga akan mempersiapkan sejumlah lokasi untuk menampung atlit seperti di Litbang BKPSDM, Wisma Haji IC berikut Wisma Atlit Jl Cokro dan lokasi lainnya.

Dengan menjadi tuan rumah Porprov Jabar 2022, menurut Yasmin akan memberi kesempatan peluang ekonomi bagi masyarakat dan  pelaku usaha terutama UMKM di Ciamis.

“Diharapkan nanti bus Gatrik dan Cikobis menjadi sarana bagi kontingen dari berbagai kabupaten/kota di Jabar untuk mengenal Ciamis lebih jauh. Terutama tempat-tempat wisaata dan pusat oleh-olehnya,” katanya

Penulis: Andri M Dani
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved