Breaking News:

Diuji Coba di Kebun Ambu, Bupati Purwakarta Minta Petani Tanam Bawang Merah, Ini Keuntungannya

Anne Ratna Mustika, mengatakan, penanaman bawang merah di Purwakarta memang belum pernah dilakukan sehingga saat ini mulai dicoba di Kebun Ambu

Tribun Jabar/ Muhamad Nandri Prilatama
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika di Kebun Ambu 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten Purwakarta melakukan inovasi di bidang pertanian dengan mencoba meminta para petani di Purwakarta menanam tanaman bawang merah yang ternyata memiliki nilai ekonomis tinggi untuk para petani.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, mengatakan, penanaman bawang merah di Purwakarta memang belum pernah dilakukan sehingga saat ini mulai dicoba di Kebun Ambu yang memang menjadi laboratorium atau lahan uji coba untuk hal-hal baru.

Kebun Ambu ini terletak di Desa Parakan Garokgek, Kecamatan Kiarapedes.

"Hari ini ternyata kami mencoba untuk menanam bawang merah. Hasilnya itu di luar ekspektasi, artinya penanaman ini berhasil dan bisa kami minta penyuluh pertanian ke para petani menanam bawang merah," katanya, Jumat (18/12/2020).

Anne Ratna menyebut awal 2021 Pemkab Purwakarta melalui Dispangtan akan menjalin kerjasama atau komitmen bersama PT Ewindo guna mendukung dan memberi edukasi, serta Dispangtan pun telah mendapat bantuan dari Kementerian Pertanian melalui aspirasi yang masuk ke Wakil Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi.

"Alhamdulillah sudah ada lahan seluas 30 hektare untuk ujicoba penanaman bawang merah di sekitar Bojong terutama Desa Bojong Timur," kata Anne.

Baca juga: Profil Rahma Sarita, Disorot karena Satir Pancasila, Tak Lagi Jadi Staf Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR

Dia merasa bangga kepada para petani yang bersedia melakukan hal-hal baru. Penanaman bawang merah ini dikatakan Anne Ratna, prospeknya sangatlah luar biasa dari segi ekonomi karena memang pemasarannya sangat baik dan dibutuhkan terutama untuk para ibu dalam memasak.

Ketika disinggung terkait Kebun Ambu yang dikatakan sebagai Lembangnya Purwakarta, Anne Ratna mengamini dan berharap Kebun Ambu itu bisa bermanfaat lebih ke masyarakat. Anne menjelaskan bahwa Kebun Ambu ini memiliki luasan lahan sekitar 6 hektare.

"Sangat kecil (luas). Jadi, ini hanya sebatas laboratorium pertanian utamanya hortikultura. Kami ke depan akan mendorong lahan petani utamanya lahan tidur yang mulai 2020 sudah kami garap bersama petani dan kepala penggarap, kepala desa, hingga Dispangtan," ucapnya.

Baca juga: Dikira Sedang Tidur, Kakek Renta di Perumahan Cisalak Kota Tasik Ternyata Ditemukan Sudah Meninggal

Baca juga: Polisi Amankan AH, Muncikari Model Majalah Pria Dewasa dan Artis Cantik TA, Ditangkap di Medan

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved