Breaking News:

Angkanya Naik Terus, Kini di Kota Sukabumi Sebanyak 95.377 Orang Menganggur

Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Sukabumi mencatat sepanjang tahun 2020

Tribun Jabar/ M Rizal Jalaludin
Kadisnakertrans Kota Sukabumi, Didin Syaripudin 

Laporan Kontributor Kota Sukabumi, Fauzi Noviandi

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Sukabumi mencatat sepanjang tahun 2020 Jumlah pengangguran mencapai 95. 377 orang, sedangkan tahun 2019 lalu hanya 79.301.

Kepala Dinaskertrans Kota Sukabumi, Didin Syaripudin, mengatakan, salah satu faktor yang membuat angka pengangguran meningkat karena adanya pemutusan kerja atau PHK yang dilakukan sejumlah perusahaaan.

"Jumlah tersebut merupakan perhitungan priode April hingga Oktober, peningkatan tahun ini cukup tinggi," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (18/12/2020).

Angka pengangguran di Kota Sukabumi lanjut dia, tahun ini bisa disebut merupakan yang tertinggi, sebab belum pernah terjadi sebelumnya. Pemutusan kerja atau PHK hampir terjadi di setiap sektor usaha, baik di bidang industri, hotel, indutri kecil menengah, dan sektor lainnya.

Baca juga: Zona Merah, Jaga Keluarga Masing-masing, Kondisi Covid-19 di Kota Bandung Sudah Mengkhawatirkan

"Seperti diperusahaan yang ada di Kabupaten Sukabumi, jumlah warga Kota yang di PHK mencapai 4000. Belum yang bekerja di kota lain, kira - kira ada sekitar 2 persen," katanya.

Pihaknya menambahkan, hal ini tidak terlepas dari pandemi Covid-19 yang saat ini tengah menda Indonesia termasuk Kota Sukabumi. Dalam situasi sekarang ini banyak perusahaan yang masih belum bisa bangkit kembali.

"Itu data triwulan 3 dan di triwulan 4 kemungkinan saat ini sudah ada perubahan," katanya.

Baca juga: Periksa Handphone Anda Sekarang, WhatsApp Tak Lagi Mendukung Jenis Ini Mulai Tahun Depan

Penulis: Fauzi Noviandi
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved