Breaking News:

Pilkada Pangandaran

KPU Pangandaran Respons Gugatan Pasangan Aman ke MK, Tunggu Petitum Gugatannya

KPU kini tengah menunggu petitum gugatan pasangan Aman ke MK terkait Pilkada Pangandaran.

Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Rapat Pleno KPU Pangandaran. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, PANGANDARAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran langsung merespons upaya pasangan calon bupati dan wakil bupati Pangandaran nomor urut 2, Adang Hadari-Supratman (Aman) yang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Gugatan dari pasangan Aman tersebut, terkait penetapan perolehan suara dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten dan masalah adanya dugaan beberapa pelanggaran pada Pilkada Pangandaran 2020.

Dari hasil rapat pleno yang digelar di Pantai Indah Resort Hotel Timur Pangandaran, pada Selasa (15/12/2020), ditetapkan pasangan calon nomor urut 1, Jeje Wiradinata-Ujang Endin Indrawan (Juara) mendapat 138.152 suara dan pasangan Aman mendapat 128.187 suara.

Baca juga: Teddy Tegaskan Dia dan Anaknya Punya Hak atas Harta Lina: Kalau Tak Dibagi, Maka Dosa Dunia Akhirat

Baca juga: Warga Positif Covid-19 Tanpa Gejala dan Lebih dari Dua Minggu Sehat, Diberi Surat Keterangan Sehat

"Terkait gugatan paslon Aman, kami masih menunggu register di MK," ujar Komisioner Komisi KPU Kabupaten Pangandaran, Divisi SDM dan Partisipasi Masyakarat, Maskuri Sudrajat saat dihubungi Tribun Jabar, Kamis (17/12/2020).

Maskuri mengatakan, untuk saat ini pihaknya berasama Divisi Hukum KPU Kabupaten Pangandaran masih berada di MK untuk merespons upaya gugatan dari pasangan Aman tersebut.

"Sekarang Divisi Hukum lagi stanby di MK," ucapnya.

Pihaknya belum bisa memberikan kepastian terkait rencana gugatan itu karena pihaknya juga masih menunggu petitum atau tuntutan yang diminta oleh penggugat kepada hakim untuk nantinya dikabulkan.

"Jadi kami belum tahu kepastian gugatan tersebut. Jika pun ada yang menggugat, kami menunggu petitum gugatannya," kata Maskuri.

Ia mengatakan, jika petitum tersebut menyangkut data perolehan suara, pihaknya akan menyiapkan semua data dari tingkat TPS sampai tingkat kabupaten.

"Intinya kami menunggu siapa yang menggugat dan petitum (pokok) gugatanya," katanya.

Sebelumnya, Ketua Tim Pemenangan pasangan Aman, Taufiq Martin, mengatakan, gugatan ke MK tersebut dilayangkan karena pada Pilkada Pangandaran 2020 diduga terjadi pelanggaran terstruktur, sistematis dan masif, terutama masalah politik uang.

"Jadi, sekarang kami upayakan ke Bawaslu dan ke MK (mengajukan gugatan)," ujar Taufik saat dihubungi Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Rabu (16/12/2020).

Pihaknya juga memastikan, semua persyaratan untuk mengajukan gugatan ke MK itu sudah disiapkan dan saat ini sedang melakukan gelar perkara dengan tim kuasa hukum pasangan Aman.

"Mudah-mudahan sore ini kami daftarkan (gugatan ke MK) karena bisa melalui online oleh tim pengacara," katanya.

Baca juga: Istri Muda Kiwil, Eva Belisima Pamer Video Nikah, Istri Pertama, Rohimah Unggah Kata-kata Bijak

Baca juga: Ada Penambahan Penutupan Jalan di Kota Bandung Menjelang Malam Tahun Baru, yang Konvoi Bakal Dihalau

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved