Breaking News:

Pilkada Kabupaten Bandung

Pasangan Dadang-Sahrul Gunawan Dapat Suara Terbanyak, Ini Penjelasan Ketua KPU Kabupaten Bandung

Pasangan calon nomor urut 3 meraih suara terbanyak di Pilkada Bandung 2020, dari hasil rekapitulasi tingkat Kabupaten, di Kantor KPU Kabupaten Bandung

Tribun Jabar/ Lutfi AM
Pasangan Dadang-Sahrul Gunawan Dapat Suara Terbanyak, Ini Penjelasan Ketua KPU Kabupaten Bandung, Agus Baroya. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi AM
 
TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pasangan calon nomor urut 3 meraih suara terbanyak di Pilkada Bandung 2020, dari hasil rekapitulasi tingkat Kabupaten, di Kantor KPU Kabupaten Bandung, Selasa (15/12/2020) malam.

Ketua KPU Kabupaten Bandung, Agus Baroya, mengatakan pukul 21.00 WIB malam hasil perolehan suara telah disepakati.

"Kenapa perlu ada jam 9, ini terkait dengan batas akhir perselisihan hasil pemiku, berlaku sampai tiga hari. Kemudian secara rapat pleno, jam 10.10 (malam) telah diserahkan berita acara dan sertifikat penghitungan suara tingkat kabupaten,  diterima saksi nomor 1,2, 3, dengan bawaslu," ujar Agus, setelah rapat pleno terbuka rakpitulasi suara.

Baca juga: BREAKING NEWS: Hasil Hitung KPU Kabupaten Bandung 2020, Dadang - Sahrul Gunawan Raih Suara Terbanyak

Penghitungan suara Pilkada Bandung 2020, digelar di Kantor KPU Kabupaten Bandung, Selasa (15/12/2020) dari pagi hingga malam hari.
Penghitungan suara Pilkada Bandung 2020, digelar di Kantor KPU Kabupaten Bandung, Selasa (15/12/2020) dari pagi hingga malam hari. (Tribun Jabar/ Lutfi AM)

Agus menjelaskan, memang di dalam rekapitulasi ini secara umum berjalan lancar walau tentu saja ada dinamika, kondisi atau kejadian itu dituangkan dalam berita acara. 

"Dari perhitungan tadi partisipasi pemilih untuk pilkada 2020 kab sebesar 72,18%, itu berti kenaikan 9 persen dari pilkada 2015," kata dia.

Agus menegaskan, hari ini baru menetapkan prolehan suara, nanti ada penetapan pasangan calon terpilih.

"Dari penetapan perolehan ini beberapa pihak yang mau mengajukan PHP (perselisihan hasil pemilihan) itu diberi waktu 3 hari. 3 hari itu terhitung 21. 00 WIB hari ini, Jumat 21.00 WIB batas akhir untuk mengajukan PHP," kata dia.

Apabila tidak ada yang mengajukan PHP, kata Agus, maka MK akan memberikan surat kepada KPU RI terkait BRPK.   

"Kalau sudah disampaikam ke KPU RI, KPU Kabupaten Bandung sebagai pelaksanaan, diberi waktu 5 hari untuk melakukan penetapan pasangan calon terpilih," katanya.

Pasangan nomor urut 3, Dadang Supriatna dan Sahrul Gunawan, berhasil meraih suara terbanyak di Pilkada Bandung dengan jumlah suara sebanyak 928.602 suara.

Disusul oleh pasangan nomor 1, pasangan Kurnia Agustina dan Usman Sayogi dengan jumlah suara yang didapatkan sebanyak 511.413 suara.

Posisi terakhir pasangan nomor urut 2, yakni pasangan calon Yena Iskandar Masoem dan Atep, yang mendapatkan jumlah suara sebanyak 217. 780.

Penulis: Lutfi Ahmad Mauludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved