Breaking News:

Purwakarta Raih Penghargaan AKI dari Kemendikbud, Bupati Anne: Penghargaan Ini buat Warga Purwakarta

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan penghargaan itu bentuk apresiasi negara ke seluruh warga Purwakarta terutama pegiat seni dan budaya

Istimewa
Kabupaten Purwakarta meraih penghargaan anugerah kebudayaan Indonesia (AKI) 2020 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Kabupaten Purwakarta meraih penghargaan anugerah kebudayaan Indonesia (AKI) 2020 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan penghargaan itu bentuk apresiasi negara ke seluruh warga Purwakarta terutama ke para pegiat seni, adat istiadat, dan kebudayaan.

"Penghargaan ini bukan untuk diri saya sebagai bupati. Tapi, ini penghormatan dari negara ke seluruh warga Purwakarta terutama pada adat istiadat, kebudayaan, kesenian, dan hal lain termasuk dengan kekayaan alamnya," katanya, Minggu (13/12/2020).

Baca juga: Ada Jawa Barat, Ini Lima Provinsi Penyumbang Terbanyak Kasus Covid-19 di Indonesia

Baca juga: Bus Angkut 59 Peziarah Asal Purwakarta Ludes Terbakar di Tol Tangerang-Merak, Diduga Korsleting

Penghargaan ini, kata Anne, hasil dari kolaborasi dan sinergitas baik antara insan kebudayaan yang dikoordinasi oleh Disporaparbud Purwakarta.

Penghargaan ini kolaborasi bagi insan kebudayaan, insan seni, yang mengoordinasikan Disporaparbud Purwakarta dan menyinergikannya agar kebudayaan-kebudayaan, kesenkan, hingga adat istiadat menjadi sesuatu yang bisa dihadirkan untuk memperkuat pariwisata Purwakarta.

Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kemendikbud, Judi Wahjudin menjelaskan pada 2020 usulan yang masuk terkait AKI ada sebanyak 331 pemda. Namun, hanya ada lima pemda yang lengkap dan terverifikasi.

"Alhamdulillah Pemda Purwakarta menjadi salahsatu penerima AKI. Jadi, anugerah ini sesuai keputusan Mendikbud. Anugerah ini punya dua sisi, yakni sebagai apresiasi dan tantangan atau peluang bagi Purwakarta," katanya.

Selanjutnya, tim penilai yang diwakili Budiman Sujatmiko menilai bahwa Purwakarta memang layak menyabet penghargaan ini. AKI kata Budiman, penghargaan yang diberikan Kemendikbud untuk individu, komunitas, lembaga, dan pemda yang telah berdedikasi untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia. 

"Selain Purwakarta, pemda lainnya yang meraih penghargaan ini adakah Garut dan Kota Yogyakarta," katanya. (*)

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved